Sukses

Airlangga Sebut Pemberangkatan Haji Indonesia 2022, Bukti Penanganan Covid-19 Baik

Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto menyebut, lebaran kurban kali ini lebih spesial. Pasalnya dua kali penyelenggaraan Idul Adha sebelumnya tidak ada pemberangkatan haji dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Hari raya Idul Adha 1443 Hijriah atau 2022 merupakan tahun pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi yang pertama kali, selama pandemi Covid-19.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menyebut, lebaran kurban kali ini lebih spesial. Pasalnya, dua kali penyelenggaraan Idul Adha sebelumnya tidak ada pemberangkatan haji dari Indonesia.

"Jemaah Indonesia kembali berangkat ke Tanah Suci usai dua tahun tak bisa menunaikan ibadah haji, ini patut disyukuri," kata Airlangga di kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar itu menyebut, terselenggaranya haji tahun ini tak lepas dari penanganan Covid-19 di Indonesia yang baik, sehingga kurva melandai.

"Kita bersyukur karena ini seiring melandainya Covid-19," ujar dia.

Karena itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini merasa bersyukur hari raya Islam ini bisa dirayakan oleh semua umat, dan Indonesia bisa mengirimkan jemaah haji ke Tanah Suci, Makkah.

Terpisah, Ketua DPR Puan Maharani juga menyampaikan rasa syukur dan selamat kepada jemaah haji Indonesia yang sudah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci. Puan berharap, seluruh jemaah haji nanti dapat pulang ke Indonesia dengan selamat dan dalam keadaan sehat dan menjadi haji mabrur.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

DPR Siap Evaluasi Penyelenggaran Haji

“Ibadah haji tahun ini adalah yang pertama diikuti jemaah haji Indonesia setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19. Saya bersyukur jemaah haji Indonesia dapat menjalankan ibadah dengan lancar. InsyaAllah menjadi haji yang mabrur,” ungkapnya.

Puan mengklaim, DPR telah melaksanakan fungsi pengawasan pelaksanaan ibadah haji melalui Komisi VIII yang menerjunkan tim ke Mekkah dan Madinah. Ada sejumlah catatan dari Komisi VIII terkait pelaksanaan ibadah haji, salah satu soal kuota haji Indonesia yang masih sedikit.

“Kemarin ada keluhan soal makanan, pondokan dan lain-lain dari jemaah haji kita. Ini akan menjadi perhatian DPR untuk evaluasi ibadah haji tahun berikutnya. Termasuk soal kuota haji,” kata Puan.

Diketahui, Arab Saudi kembali membuka pintu bagi umat muslim di dunia untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Sebelummya, selama dua tahun pintu haji ditutup untuk jamaah di luar Arab lantaran adanya Covid-19. Tahun ini, Indonesia memberangkatkan 100.051 jemaah haji.

3 dari 3 halaman

Pesan Idul Adha Raja Salman

Raja Arab Saudi yang kerap disapa Raja Salman bin Abdulaziz mengucapkan selamat Idul Adha kepada umat Islam di seluruh dunia, pada Sabtu 9 Juli 2022. Demikian menurut laporan resmi Saudi Press Agency (SPA).

Dalam sebuah pidato di televisi pemerintah Arab Saudi, Raja Salman mencatat bahwa Kerajaan telah mampu meningkatkan jumlah jemaah haji tahun ini menjadi total satu juta – dari dalam dan luar negeri – karena upaya positif yang dilakukan dalam menangani pandemi Covid-19.

Mengutip Arab News, disebutkan bahwa Raja Salman mengatakan bahwa tindakan pencegahan masih diperhitungkan untuk memastikan keselamatan jemaah.

Raja berdoa kepada Allah untuk menerima haji semua jemaah dan memuji upaya semua orang yang terlibat dalam memfasilitasi ibadah tahunan tersebut.

"Saya berdoa semoga Allah menerima ibadah haji semua orang yang melakukan ritual tahun ini," kata Raja Salman di hari pertama Idul Adha seperti dimuat Al Arabiya.

“Mengikuti keadaan luar biasa (karena pandemi Virus Corona), jemaah haji dapat melakukan haji berkat Allah dan berkat upaya besar-besaran para pekerja di semua sektor di Kerajaan," katanya.

Para jemaah kembali ke Mina pada hari Sabtu setelah hari yang emosional di dataran Arafat, melakukan sholat dan memohon kepada Allah. Mereka akan terus melakukan ritual haji 2022 selama beberapa hari ke depan, termasuk ritual rajam setan di kompleks Jamrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.