Sukses

Idul Adha 2022, Anies Berkurban 4 Sapi yang Disebar ke Sejumlah Daerah

Satu sapi seberat 1,2 ton, Anies serahkan kepada panitia kurban Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada Idul Adha tahun 2022 ini.

 

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan salat Idul Adha 1443 Hijriah di Jakarta Internasional Stadium, Minggu (10/7/2022). Anies mengatakan total ada 4 sapi yang dikurbankannya pada lebaran Haji tahun ini.

Satu sapi limosin seberat 1,2 Ton diserahkan Anies kepada panitia kurban di JIS usai salat Idul Adha dilakukan. Sapi itu rencananya dibawa ke rumah pemotongan hewan (RPH) di Cakung, Jakarta Timur.

Selanjutnya, ada juga sapi yang disalurkan di kediamannya di Lebak Bulus dan Kuningan, Jawa Barat. Kemudian satu sapi di Yogyakarta dan satu sapi lainnya di Masjid Kampus Universitas Gajah Mada (UGM).

"Saya sendiri memberikan hewan kurban satu di sini dibawa ke tempat pemotongan hewan di Cakung dan di rumah kami di Lebak bulus, di Kuningan Jawa Barat, juga satu di Jogja, dan juga (satu sapi) di masjid kampus di UGM," kata Anies di Ramp Barat JIS, Jakarta Utara.

Sebelumnya, Anies Baswedan datang bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza patria pada pukul 6.11 WIB di JIS. Dia bersama ribuan jemaah melaksanakan salat Idul Adha di JIS dan menyampaikan rasa terima kasih kepada ribuan warga yang memilih melaksanakan Salat Idul Adha di JIS.

"Izinkan dalam kesempatan ini kami aras sama Pemprov DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada saudara yang memilih hadir di tempat ini, memilih untuk melaksanakan Salat Idul Adha di JIS," kata Anies.

Anies menjelaskan bahwa penyelenggaraan ini wujud Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi seluruh kegiatan warga, termasuk kegiatan keagamaan. Pasalnya ini merupakan kali kedua JIS menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan keagamaan dimana sebelumnya JIS juga menjadi lokasi salat Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Pemprov DKI mengikhtiarkan untuk bisa memfasilitasi seluruh kegiatan masyarakat dengan sebaik baiknya. Baik kegiatan yang menyangkut keseharian dari kebutuhan kesehatan, pendidikan sampai peribadatan. Di antaranya termasuk penyelenggaraan Salat Idul Fitri dan Idul Adha yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS)," jelas Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serahkan Sapi ke JIS

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan salat Idul Adha di Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang diperingati hari ini, Minggu (10/7/2022) pagi. Dia menyerahkan sapi seberat 1,2 Ton kepada panitia kurban Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada lebaran Haji tahun ini.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyerahkan sapi tersebut secara simbolis kepada panitia setelah salat Idul Adha usai digelar. Anies mengatakan hewan kurban yang diserahkan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Izinkan dalam kesempatan lagi hari ini kami menyerahkan hewan kurban seekor sapi seberat 1,2 ton yang sudah diperiksa oleh Dinas Ketahananan Pangan dan Peternakan, Pertanian, dan dinyatakan sehat," kata Anies.

Dia menyampaikan kepada panitia kurban agar sapi tersebut nantinya dapat didistribusikan untuk masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. Dia mendoakan kurban dapat diterima dan menjadi pahala bagi semuanya.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim maka hewan kurban ini kami serahkan kepada panitia kurban untuk didistribusikan di Jakarta dan sekitarnya. InsyaAllah kurban ini diterima dan dilipatgandakan pahalanya bagi semua," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • sapi