Sukses

Top 3 News: Tata Cara dan Niat Sholat Idul Adha

Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu 10 Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait pemerintah yang telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu 10 Juli 2022. Meski begitu, ada beberapa muslim yang merayakan Idul Adha pada Sabtu 9 Juli 2022.

Dalam peringatan tersebut, umat muslim melakukan sholat Idul Adha pada pagi harinya. Sholat Idul Adha dilaksanakan dua rakaat secara berjamaah dan terdapat khutbah setelahnya.

Melansir laman resmi NU Online, apabila terlambat datang atau mengalami halangan lain, boleh dilakukan secara sendiri-sendiri (munfarid) di rumah, ketimbang tidak sama sekali dan hukumnya sunah muakkadah alias sangat dianjurkan, meskipun bukan wajib, baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Kemudian pukul 09.53 WIB pada Sabtu 9 Juli 2022, gempa bumi bermagnitudo 5,3 menggetarkan wilayah Lumajang, Jawa Timur (Jatim).

Dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lindu tersebut terletak pada koordinat 9.61 Lintang Selatan,112.91 Bujur Timur. Atau tepatnya berada di 167 km Barat Daya Lumajang.

Sementara, BMKG menyebut pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Meski demikian, disebutkan tak berpotensi tsunami.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah soal komplotan pencuri yang membobol sebuah rumah di Jalan Tanjung Duren Lama Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Para pencuri berhasil menggasak emas, sertifikat, dan uang hingga total kerugian mencapai Rp 5 miliar.

Uniknya, hasil penjualan barang-barang curian dibelikan rumah sampai menyekolahkan anak ke luar negeri. Aksi kawanan pencuri dihentikan oleh Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 9 Juli 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Niat Sholat Idul Adha dan Tata Caranya

Pemerintah menetapkan Idul Adha pada Minggu 10 Juli 2022. Namun, ada beberapa muslim yang merayakan Idul Adha pada Sabtu 9 Juli 2022.

Melansir laman resmi NU Online, sholat Idul Adha dilaksanakan dua rakaat secara berjamaah dan terdapat khutbah setelahnya.

Namun, bila terlambat datang atau mengalami halangan lain, boleh dilakukan secara sendiri-sendiri (munfarid) di rumah, ketimbang tidak sama sekali.

Hukum sholat Idul Adha atau sholat Id adalah sunah muakkadah alias sangat dianjurkan, meskipun bukan wajib, baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Ada perbedaan teknis dengan sholat Idul Adha dengan sholat lima waktu. Sholat Id tak didahului dengan azan maupun iqamah.

Niat dan anjuran takbir juga berbeda. Waktu pelaksanaannya yaitu setelah matahari terbit hingga masuk waktu dzuhur.

Adapun lafal niat sholat Idul Adha dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) للهِ تَعَــــــــالَى

Artinya,

"Aku niat melaksanakan sholat sunnah Idul Adha (sebagai makmum/imam) karena Allah Ta‘ala."

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Lumajang, Jawa Timur

Gempa bumi kembali getarkan Indonesia hari ini, Sabtu 9 Juli 2022. Gempa magnitudo 5,3 terjadi di Lumajang, Jawa Timur pukul 09.53 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa di Lumajang tersebut terletak pada koordinat 9.61 Lintang Selatan,112.91 Bujur Timur. Atau tepatnya berada di 167 km Barat Daya Lumajang.

Sementara, BMKG menyebut pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Meski demikian, disebutkan tak berpotensi tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," jelas BMKG.

Meski demikian, BMKG menyarankan agar masyarakat tetap berhati-hati terhadap gempa susulan.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," demikian saran BMKG.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Gondol Barang Senilai Rp5 Miliar di Tanjung Duren, Komplotan Pencuri Ini Beli Rumah Hingga Biayai Anak Sekolah di Luar Negeri

Komplotan pencuri membobol sebuah rumah di Jalan Tanjung Duren Lama Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Sejumlah emas, sertifikat, dan uang digasak dengan total kerugian mencapai Rp5 Miliar.

Uniknya, hasil penjualan barang-barang curian dibelikan rumah sampai menyekolahkan anak ke luar negeri. Aksi kawanan pencuri dihentikan oleh Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Joko Dwi Harsono menerangkan, tiga dari empat pelaku berhasil ditangkap. Mereka adalah Y, AM alias R dan BW alias T. Sedangkan, salah satu pelaku inisial S masih dalam pengejaran.

"Pelakunya empat orang, tapi yang tertangkap ada 3," kata Joko dalam keterangannya, Jumat 8 Juli 2022.

Joko menerangkan, keempat kawanan pencuri diduga telah mengetahui rumah yang ditarget sedang dalam keadaan kosong.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku sudah mensurvei rumah yang akan disasar. Bahkan, sampai mengontrak rumah di sekitar lokasi.

"Iya dia berhari-hari menggambar. Jadi dia dari Jawa Tengah mengontrak rumah. Dia bolak-balik ke lokasi pastikan bahwa ini rumah kosong," ucap Joko.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.