Sukses

Jusuf Kalla Salat Idul Adha di Masjid Al Azhar Jakarta

Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla alias JK bersama keluarga melaksanakan salat Idul Adha di lapangan masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, jakarta Selatan, Minggu (10/07/2022).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla alias JK bersama keluarga melaksanakan salat Idul Adha di lapangan masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, jakarta Selatan, Minggu (10/07/2022).

Dari video yang diterima Liputan6.com, JK terlihat menggunakan kemeja putih lengkap dengan jas hitam dan peci, serta sarung dengan warna senada bergaris biru serta putih.

Adapun terlihat menemani disampingnya, Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin.

Sejumlah masyarakat juga sudah ramai memenuhi lapangan masjid Al Azhar. Terlihat masih banyak yang menggunakan masker sebagai salah satu bagian protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, kehadiran Lukman Hakim bukan hanya untuk melaksanakan ibadah salat. Yang bersangkutan juga akan melakukan khotbah salat Idul Adha.

Sebelumnya, Memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 H, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap Covid-19.

Bahwa perayaan Idul Adha harus dijadikan sebagai momentum berbagi kepedulian, penggerak roda ekonomi dan mengubah situasi pandemi menuju endemi Covid-19. Beberapa isu lain yang juga harus diperhatikan dalam momentum Idul Adha, seperti krisis pangan dan energi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengajarkan Berbagi

Muhadjir juga mengatakan, momentum Idul Adha bisa dimaknai untuk saling berbagi.

"Momentum berkurban (Hari Raya Idul Adha) ini, mengajarkan kita untuk saling berbagi dan membangkitkan kembali rasa empati kita kepada saudara yang kurang beruntung,” ujar Muhadjir usai melaksanakan salat Id di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 9 Juli 2022.

“Kita harus menghemat energi dan tetap waspada terhadap COVID-19 karena sampai saat ini masih ada."

Selain itu, Muhadjir mengatakan, meskipun ada perbedaan mengenai pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun 2022. Namun, ia mengimbau agar masyarakat tetap melaksanakannya dengan khusyuk.

“Saya harap bisa dijalankan masing-masing, tidak perlu diributkan. Marilah kita laksanakan ibadah ini dengan penuh kekhsuyukan,” lanjutnya.

 

3 dari 3 halaman

Serahkan Satu Sapi

Pada kesempatan yang sama, Menko PMK Muhadjir Effendy juga turut menyerahkan 1 (satu) ekor sapi kurban melalui MBS Ki Bagus Hadikusumo Jampang, Bogor.

Penyerahan secara simbolis dilakukan langsung oleh Menko PMK di Kampus 2 MBS Ki Bagus Hadikusumo.

“Semoga yang sedang ibadah Haji menjadi haji mabrur dan semoga kita di sini doanya dimakbulkan oleh Allah,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • JK

  • Salat Id