Jemaah Haji Indonesia Sudah Mulai Lempar Jumrah Aqobah di Mina

Oleh Mevi Linawati pada 10 Jul 2022, 06:33 WIB
Diperbarui 10 Jul 2022, 10:51 WIB
Jemaah Haji sudah di Mina
Perbesar
Jemaah haji Indonesia mulai melakukan lempar jumrah aqobah di jamarat, Mina Sabtu (9/7/2022). (Foto: Mevi Linawati/Liputan6/com).

Liputan6.com, Jakarta Jemaah haji Indonesia mulai melakukan lempar jumrah aqobah di jamarat, Mina Sabtu (9/7/2022).

Jemaah pun tampak semangat menjalani kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah semangat, sehat," kata sejumlah jemaah di jamarat.

Begitu pula dengan Nurhayati, salah satu jemaah asal Banjarnegara. Dia mengaku puas setelah berhasil melempar jumrah.

Pun demikian dengan Sumarno dan Watini, jemaah haji Papua dari embarkasi Makassar.

"Semangat atas izin Allah," kata mereka.

Sementara itu, sejumlah anggota jemaah kelelahan dan tidak bisa melanjutkan perjalanan di jamarat. Tim dari kesehatan menyatakan, jumlah jemaah yang kelemahan di jamarat tidak tehitung lagi.

"Kebanyakan lelah, dehidrasi dan ada penyakit jantung. Seharusnya jemaah yang punya komorbid tidak ikuti arus rombongan," kata petugas linjam Eriyanto bersama dokter Nuraisah.

Namun demikian, ternyata banyak jemaah yang ingin merasakan dahulu seperti apa melempar jumrah di jumarat, sehingga memaksakan diri melempar jumrah secara mandiri.

Dokter Nuraisah mengatakan, jemaah yang kelelahan akan ditangani secara langsung di tempat. Namun, ada juga yang dirujuk ke KKHI atau rumah sakit milik Arab Saudi.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Dua yang Dapat Pertolongan

Sementara itu, dokter dari EMT Salkamal Abu Zaini mengatakan, ada dua jemaah yang mendapat pertolongan pihaknya. Pertama, masalah jantung dan radang sendi.

Dia mengatakan, dokter kloter sebenarnya telah mengingatkan jemaah untuk membadalkan lempar jumrah. Namun, jemaah nekat untuk merasakan lempar jumrah.

"Tapi ini kesempatan pertama lempar jumrah, jemaah ingin coba dulu. Tapi ternyata crowded dan teryata kursi roda tidak bisa lewat dan disuruh jalan jadi kambuh penyakitnya.

 


Karena Dehidrasi

Dia menambahkan, rata-rata jemaah yang mendapat penanganan karena kelelahan dan dehidrasi.

Jadwal lempar jumrah ada jemaah haji Indonesia pada tanggal 10 Zulhijah berlangsung pada 2 sesi. Sesi pertama 00 sampai 04.30 Waktu Arab Saudi. Kemudian sesi berikutnya adalah pukul 16.00-22.00 Waktu Arab Saudi.

Sepanjang jumarat tersedia keran air minum yang bisa dimanfaatkan jemaah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya