Sukses

DKI Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan JIS Saat Shalat Idul Adha

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merekayasa arus lalu lintas serta menyiapkan transportasi publik dari dan menuju Jakarta International Stadium (JIS) saat pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu (10/7).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merekayasa arus lalu lintas serta menyiapkan transportasi publik dari dan menuju Jakarta International Stadium (JIS) saat pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu (10/7).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya menerapkan pembatasan arus lalu lintas umum menuju JIS mulai pukul 04.30-10.00 WIB.

"Kendaraan yang boleh melintas adalah angkutan umum, jamaah Shalat Id dan warga yang tinggal di sekitar JIS," kata Syafrin seperti dilansir Antara.

Penutupan itu akan dilakukan di tiga lokasi, yaitu:

a. Simpang perlintasan bidang kereta api (KA) di Jl Sunter Permai Raya-Jl RE Martadinata

b. Simpang Jl Sunter Permai Raya-Jl Bisma Raya

c. Simpang Jl Danau Sunter Barat-Jl Danau Sunter Utara.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah menyiapkan rute kedatangan/kepulangan di JIS serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan "drop off" transportasi publik demi kemudahan serta kenyamanan mobilitas masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik di dalam stadion ataupun di luar stadion," katanya.

Jika parkir di lokasi penuh, maka warga diimbau mengikuti petunjuk petugas di lapangan demi kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan bersama. 

"Dimohon juga untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," kata Syafrin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Parkir

Ada delapan kantong parkir yang dapat digunakan di dalam JIS dan sekitar JIS, yakni dalam stadion, parkir timur 1 JIS, parkir timur 2 JIS, parkir sepeda ramp timur, ITF, Taman BMW, Rukan Nusantara dan parkir sepeda motor ramp barat.

Di lokasi-lokasi parkir tersebut tidak disediakan "shuttle bus" menuju JIS dan sebaliknya (PP) karena jarak ke lokasi shalat cukup dekat.

Selanjutnya, ada lima kantong parkir di sekitar JIS yang dilayani dengan "shuttle bus" sekolah, yaitu di RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D’Arcici Hotel dan Ruko Sunter Nirwana.

Selain itu, disiapkan lokasi parkir yang bersifat opsional (tambahan) yang dilayani TransJakarta, yakni di Ancol Karnaval dan C3 (belakang rusun Bandar Kemayoran) yang beroperasi pukul 04.30-10.00 WIB. Penjemputan kepulangan jamaah dilakukan melalui Zona Selatan JIS (Pintu 5).

3 dari 3 halaman

Sesuaikan Waktu Perjalanan

Diharapkan masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa sampai di lokasi tepat waktu. "Syarat yang sama juga berlaku setelah acara selesai untuk kembali ke lokasi-lokasi parkir," kata Syafrin.

Syafrin menyebutkan, lokasi-lokasi parkir tersebut memiliki daya tampung kendaraan yang terbatas. Untuk itu, Pemprov DKI mengimbau kepada masyarakat yang ingin Shalat Idul Adha di JIS menggunakan transportasi umum.

Untuk melayani jamaah Salat Id, TransJakarta mengoperasikan armada bus layanan reguler menuju JIS dari lokasi keberangkatan sejak pukul 05.00 WIB. Yakni:

1. TransJakarta JIS 014 (Senen-JIS)

2. TransJakarta JIS 003 (Harmoni-JIS)

3. Non BRT 10K (Tanjung Priok-Senen via Taman BMW)

4. JAK 77 (Tanjung Priok-Jembatan Hitam)

Pemprov DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat yang tidak memiliki kepentingan di sekitar JIS untuk menghindari kawasan sekitar JIS pada saat pembatasan berlangsung.

"Namun bagi masyarakat yang harus menjalankan aktivitasnya di sekitar JIS untuk dapat memilih jalan alternatif lain," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • JIS