Sukses

5 Ribu Lebih Jemaah Sholat Idul Adha Bakal Penuhi Masjid Raya Al Azhom Tangerang

Masjid Raya Al Azhom, Kota Tangerang untuk pertama kalinya menggelar sholat Idul Adha sejak pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Tangerang - Sholat Idul Adha 2022 di Masjid Raya Al-Azhom, Kota Tangerang diprediksi bakal dipenuhi lebih dari 5 ribu jemaah. Nantinya, jemaah sholat Idul Adha ini akan menempati area dalam dan luar atau halaman masjid terbesar di Kota Tangerang itu.

"Kapasitas dalam masjid 5 ribuan, jadi sisanya bisa di luar area Masjid Al Azhom. Mulai dari halaman sampai ke jalan-jalan. Sebab, ini pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19 kami melaksanakan sholat berjamaah Idul Adha kembali," tutur Ketua harian Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Azhom, Chaerudin, Sabtu (9/7/2022).

Chaerudin juga memastikan, pengurus DKM akan memantau protokol kesehatan (prokes) para jemaah. Penggunaan masker dan mencuci tangan, menjadi hal yang wajib dipatuhi para jemaah yang melaksanakan ibadah sebelum penyembelihan hewan kurban tersebut.

Sementara, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, telah memastikan bila Masjid Raya Al Azhom telah siap untuk pelaksanaan sholat Idul Adha 2022 dan pemotongan hewan kurban.

"Kita ingin memastikan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha terutama pada saat pemotongan hewan kurban itu sesuai dengan aturan mengingat sedang merebaknya virus PMK," kata Sachrudin.

Lebih lanjut, Sachrudin menjelaskan, di dalam SE tersebut juga diatur tentang apa yang harus dilakukan oleh panitia kurban.

"Karena itu sesuai dengan surat edaran yang telah kita terbitkan, saya mengimbau untuk seluruh masyarakat Kota Tangerang, tidak hanya panitia kurban saja untuk ikut bertanggung jawab dan mengawasi seluruh proses pemotongan dan memastikan pembersihan serta disinfeksi terhadap tempat serta peralatan setelah proses pemotongan," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Joowi Akan Sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi diagendakan akan melangsungkan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu, 10 Juli 2022 besok. Adapun waktu salat akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

"Iya beliau diagendakan (salat Idul Adha di Istiqlal)," kata Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah kepada Liputan6.com, Sabtu (9/7/2022).

 

Dia menyampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sejatinya juga diagendakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Hanya saja, Ma'ruf menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah pada tahun ini.

"Wapres juga tapi beliau kan ikut rombongan haji tahun ini," ujar dia.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal menyelenggarakan salat Idul Adha 1443 Hijriah tingkat kenegaraan pada 10 zulhijah 1443 H atau yang bertepatan pada Ahad, 10 Juli 2022. Masjid Istiqlal juga akan menggelar Gema Takbir pada malam Idul Adha.

"Masjid Istiqlal juga akan menyelenggarakan Gema Takbir pada malam Idul Adha 1443 Hijriah, yang bisa dihadiri oleh masyarakat secara langsung di lantai utama Masjid Istiqlal, ataupun disaksikan secara daring melalui YouTube Channel Masjid Istiqlal TV," jelas Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar, dikutip dari siaran persnya, Jumat 8 Juli kemarin. 

 

3 dari 3 halaman

Istiqlal Gelar Kurban

Nasaruddin mempersilahkan masyarakat untuk mengikuti salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Namun, dia mengingatkan masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Nasaruddin Umar menyampaikan Masjid Istiqlal juga akan melangsungkan ibadah kurban. Nantinya, daging kurban akan didistribusikan kepada yayasan yang sesuai data yang dimiliki.

"Insya Allah kami amanah dunia akhirat dalam mengelola dan mendistribusikan daging kurban yang sudah diberikan," ucap Nasaruddin Umar.

Terkait kapasitas jemaah salat Idul Adha 1443 H di Masjid Istiqlal, Kabid Penyelenggaraan Peribadatan Bukhori Sail Attahiri menuturkan penyelenggaraannya sama seperti saat Idul Fitri 1443 H yang lalu. Artinya, Istiqlal menyiapkan kapasitas 150.000 untuk jemaah.

Berikut petugas pelaksana salat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal:

1. Khatib: Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA (Ketua BWI Pusat), dengan tema “Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebhinekaan”

2. Imam: Ustadz H. Salim Ghazali, S.Ud.

3. Imam Badal: Ustadz H. Ahmad Husni Ismail, MA.

4. Bilal : Ustadz Ilham Mahmudin, S.Pd.

5. Bilal Badal: Ustadz H. Ahmad Achwani, S.Ag. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.