Dishub Jakarta Siapkan 8 Kantong Parkir bagi Jemaah Sholat Idul Adha di JIS

Oleh Liputan6.com pada 09 Jul 2022, 14:09 WIB
Diperbarui 09 Jul 2022, 14:09 WIB
Ribuan Umat Muslim Laksanakan Sholat Idul Fitri di JIS
Perbesar
Umat Islam tiba untuk melaksanakan sholat Id 1 Syawal 1443 Hijriah hingga memenuhi Stadion Jakarta Internasional Stadium, Senin (2/5/2022). Pemerintah Indonesia menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 2 Mei 2022. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan delapan kantong parkir untuk jemaah sholat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (8/7/2022).

Namun kantong-kantong parkir memiliki batas kapasitas, sehingga para jemaah sholat Idul Adha di JIS tetap diharapkan menggunakan transportasi publik.

"Pemprov DKI mengimbau kepada masyarakat yang ingin ikut salat Idul Adha di JIS dapat menggunakan transportasi umum," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, Jumat (8/7/2022).

Delapan kantong parkir terbagi di area dalam JIS dan luar JIS. Untuk area dalam stadion, letak parkir berada di parkir timur 1 JIS, parkir timur 2 JIS, parkir sepeda ramp timur, ITF, Taman BMW, Rukan Nusantara, dan parkir Sepeda Motor Ramp Barat.

Di tempat parkir ini, tidak disediakan shuttle bus menuju JIS dan sebaliknya, karena jarak ke lokasi sholat Idul Adha cukup dekat.

Selanjutnya, ada kantong parkir di luar JIS yang akan dilayani oleh shuttle bus sekolah yaitu; RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D’Arcici Hotel, dan Ruko Sunter Nirwana.

Syafrin mengatakan, Dinas Perhubungan DKI juga telah menyiapkan skenario arus lalu lintas di sekitar JIS saat pelaksanaan salat Idul Adha, Minggu (10/7/2022). Skenario ini untuk memastikan arus kendaraan menuju atau keluar dari kawasan JIS berjalan lancar.

"Kami telah menyiapkan rute kedatangan/kepulangan di JIS, serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan drop off transportasi publik," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kantong Parkir Opsional di Ancol

Ribuan Umat Muslim Laksanakan Sholat Idul Fitri di JIS
Perbesar
Ribuan umat Islam melaksanakan sholat Id 1 Syawal 1443 Hijriah hingga memenuhi Stadion Jakarta Internasional Stadium, Senin (2/5/2022). Pemerintah Indonesia menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 2 Mei 2022. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pada hari ibadah salat Idul Adha, petugas Dinas Perhubungan juga disiapkan untuk pengaturan parkir dan drop off di dalam area stadion ataupun di luar stadion.

Syafrin mengimbau jika parkir di lokasi penuh, maka ikuti petunjuk petugas di lapangan demi kelancaran arus lalin dan kenyamanan bersama.

"Dimohon juga untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," imbuhnya.

Sebagai antisipasi, Dinas Perhubungan menyiapkan kantong parkir yang bersifat opsional dan akan dilayani oleh shuttle bus Transjakarta, yakni di Ancol Karnaval dan C3 (belakang rusun Bandar Kemayoran).

Shuttle bus akan beroperasi mulai pukul 04.30-10.00 WIB. Penjemputan kepulangan jemaah dengan shuttle bus dilakukan melalui Zona Selatan JIS (Pintu 5).

"Diharapkan masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa sampai di lokasi tepat waktu. Syarat yang sama juga berlaku setelah acara selesai untuk kepulangan kembali ke lokasi-lokasi parkir," terang Syafrin.

 

Reporter: Yunita Amalia

Merdeka.com

Infografis Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Vaksinasi PMK Hewan Ternak Digencarkan Jelang Idul Adha. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya