Sukses

Wapres Ma'ruf Amin: Kurban Jadi Bukti Kepekaan Sosial Sesama Manusia

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, berkurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi masyarakat untuk berbagi dan peduli kepada sesama.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, berkurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi masyarakat untuk berbagi dan peduli kepada sesama. Kurban juga merupakan wujud pelaksanaan tuntunan agama.

"Selain itu, kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pasca pandemi seperti sekarang ini," ungkap Wapres dalam tayangan video ucapan Hari Raya Idul Adha 1443 H, Sabtu (9/7/2022).

Untuk itu, kata Ma'ruf, menyembelih hewan kurban hukumnya ialah sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Bahkan ada ulama yang mewajibkan karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

"Umat Islam sangat dianjurkan setidak-tidaknya sebagai sunnah muakkadah untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban," tuturnya.

Lebih lanjut, di tengah mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak saat ini, Ma'ruf Amin mengimbau kepada para penyedia hewan kurban agar menyiapkan hewan yang terbebas dari PMK.

"Sebab berkurban dengan hewan yang terkena PMK hukumnya tidak sah. Di samping itu, daging dari hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan dan dinikmati oleh masyarakat luas," ujarnya.

Terakhir, Ma'ruf mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha. Harapannya perayaan Idul Adha kali ini semakin mempererat persaudaraan sesama manusia.

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, semoga perayaan Idul Adha ini dapat semakin meningkatkan keimanan, ketaatan, dan kepatuhan kita kepada Allah SWT," ucap Wapres.

"Dan di tengah pandemi Covid-19 ini semoga semangat berkurban akan semakin mempererat persaudaraan antara sesama manusia," tutupnya.

Sebagai informasi, Wapres Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H ini di tanah suci Makkah sembari melaksanakan ibadah haji. Wapres dan Ibu Wury berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini setelah mendapatkan undangan khusus dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumbang 1 Ekor Sapi untuk Muhammadiyah

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan masing-masing satu ekor sapi untuk PP Muhammadiyah.

"Kami menerima titipan pertama dari Presiden Jokowi Widodo berat sekitar satu ton, kemudian dari Wapres beratnya sama satu ton. Beliau memberikan hewan terbaik untuk kurban," kata Humas dan Protokol Sekretariat PP Muhammadiyah, Zainal Abidin, di Kantor Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, (9/7/2022).

Hingga saat ini Muhammadiyah sudah menerima sembilan ekor sapi beserta empat ekor kambing.

Selain dari Presiden dan Wakil Presiden, PP Muhammadiyah juga menerima sumbangan dari BUMD hingga partai politik, seperti PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), Bank Syariah Indonesia, Kementerian Dalam Negeri, hingga PDIP.

"Semua hewan kurban itu alhamdulillah sudah dipastikan InsyaAllah kesehatannya bagus dan dapat dikonsumsi serta hewan kurban tersebut sudah disalurkan ke beberapa pengurus daerah dan pengurus wilayah," kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Seperti diketahui, Muhammadiyah berdasarkan metode hisab hakiki wujudul hilal telah menetapkan 10 Zulhijjah 1443 Hijriyah atau Hari Raya Idul Adha 2022 jatuh pada Sabtu.

Sementara itu, Pemerintah telah menetapkan 1 Zulhijah pada hari Jumat 1 Juli 2022 dan Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022, melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 668 Tahun 2022 tentang Penetapan 1 Zulhijah dan Idul Adha 1443 Hijriah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.