Sukses

Lalu Lintas Sekitar JIS Dibatasi Saat Salat Idul Adha Minggu 10 Juli 2022, Cek di Sini

Dinas Perhubungan DKI Jakarta membatasi lalu lintas di sekitar Jakarta International Stadium (JIS) jelang, selama, hingga usai pelaksanaan salat Idul Adha pada Minggu 10 Juli 2022.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Perhubungan DKI Jakarta membatasi lalu lintas di sekitar Jakarta International Stadium (JIS) jelang, selama, hingga usai pelaksanaan salat Idul Adha pada Minggu 10 Juli 2022. Pembatasan lalu lintas dimulai pukul 04.30-10.00 WIB.

"Kendaraan yang boleh melintas adalah angkutan umum, jemaah salat Id dan warga yang tinggal di sekitar area JIS," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Jumat (8/7/2022).

Pembatasan lalu lintas berlaku di 3 lokasi, yaitu;

a. Simpang perlintasan bidang kereta api (KA) di Jl Sunter Permai Raya-Jl RE Martadinata

b. Simpang Jl Sunter Permai Raya-Jl Bisma Raya

c. Simpang Jl Danau Sunter Barat-Jl Danau Sunter Utara

Syafrin menambahkan, untuk melayani jemaah salat Id, Transjakarta mengoperasikan armada bus layanan reguler menuju JIS dari lokasi keberangkatan sejak pukul 05.00 WIB dengan rute Transjakarta JIS 014 (Senen - JIS), Transjakarta JIS 003 (Harmoni - JIS), Non BRT 10K (Tanjung Priok – Senen via Taman BMW), JAK 77 (Tanjung Priok – Jembatan Hitam).

"Pemprov DKI mengimbau kepada masyarakat yang tidak memiliki kepentingan di kawasan sekitar JIS untuk dapat menghindari kawasan sekitar JIS pada saat pembatasan berlangsung," pesan Syafrin.

Apabila masyarakat yang harus menjalankan aktivitasnya di sekitar JIS, sebaiknya memilih jalan alternatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sediakan Tempat Vaksin Booster Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta bakal membuka booth vaksinasi gratis di Jakarta International Stadium (JIS) jelang pelaksanaan salat Idul Adha di JIS Minggu 10 Juli 2022 mendatang. Sebanyak 1.000 dosis per hari disiapkan di setiap titik untuk pelaksanaan vaksin booster menggunakan mobil keliling yang akan dibuka mulai besok Jumat 8 Juli 2022.

Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan agar masyarakat segera melengkapi vaksin setidaknya H-2 Idul Adha. Sedangkan anak di bawah usia 6 tahun tidak disarankan untuk ikut dalam pelaksanaan salat Idul Adha di JIS.

Masyarakat yang ingin mengikuti vaksin gratis ini dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi JAKI atau bisa datang langsung ke lokasi sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Adapun Jadwal dan lokasi vaksin booster di JIS adalah sebagai berikut:

- Jumat, pukul 08.00-16.00, di Ramp Barat dekat Halte Transjakarta, sebanyak 1.000 dosis.

- Sabtu, pukul 08.00-16.00, di Ramp Barat dekat Halte Transjakarta, sebanyak 1.000 dosis.

- Minggu, pukul 05.00-12.00, di Ramp Barat dan Ramp Timur, sebanyak 2.000 dosis.

3 dari 3 halaman

Syarat Salat di JIS

Ada sejumlah persyaratan yang ditetapkan Pemprov DKI Jakarta jika ingin salat di JIS. Salah satunya adalah harus sudah mendapat vaksin lengkap.

“Masyarakat yang akan mengikuti salat Ied berjamaah dapat melengkapi vaksinnya mulai besok Jumat, agar saat hari H semua yang hadir sudah melakukan vaksin booster bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan wajib sudah vaksin kedua bagi anak usia 6-17 tahun,” kata Widyastuti dalam keterangannya, Jakarta, Kamis 7 Juli 2022.

Selain itu, dia mengimbau masyarakat yang akan melakukan salat Idul Adha di JIS agar memastikan dirinya dalam kondisi yang sehat, tidak bergejala sakit, tidak sedang menjalani isolasi mandiri, serta memakai masker medis selama berada di JIS.

Masyarakat juga disarankan untuk mengambil air wudhu di rumah untuk mengurangi antrian, membawa peralatan salat sendiri, dan menyiapkan aplikasi PeduliLindungi di telpon genggam untuk scan barcode di JIS.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.