Sukses

Lapas Cibinong Bogor Kembali Buka Kunjungan Secara Tatap Muka

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Cibinong, kembali membuka kunjungan secara tatap muka bagi keluarga yang akan mengunjungi warga binaan atau narapidana.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Cibinong, kembali membuka kunjungan secara tatap muka bagi keluarga yang akan mengunjungi warga binaan atau narapidana.

Kalapas Cibinong, Usman Madjid, mengatakan, kunjungan tatap muka berdasarkan surat edaran dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Nomor PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 Tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar.

"Kunjungan tatap muka baru dibuka Kamis kemarin dan sudah ada 30 warga binaan yang menerima kunjungan dari keluarganya," kata Usman, Jumat 8 Juli 2022.

Namun begitu, Lapas Cibinong menerapkan beberapa syarat dan pemeriksaan yang ketat untuk keluarga yang akan mengunjungi warga binaan di Lapas setempat.

Setiap pengunjung wajib menunjukkan identitas yang otentik seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan wajib melakukan vaksinasi booster.

"Identitas seperti KTP dan KK itu wajib. Namun untuk vaksinasi booster, mereka yang belum, bisa swab antigen dan menunjukkan kepada petugas buktinya sebagai pengganti. Selain itu kita lakukan pemeriksaan barang bawaannya dan pemeriksaan badan," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Maksimal

Usman menambahkan pihaknya memberikan jumlah maksimal untuk kunjungan sebanyak lima orang dewasa yang merupakan keluarga inti dari warga binaan.

"Waktu kunjungan maksimal selama 30 menit dan dibuka untuk pendaftaran kunjungan pagi mulai pukul 09.00-11.00 WIB dan siang mulai pukul 13.30-14.30 WIB," terangnya.

Meskipun kunjungan tatap muka telah dibuka secara terbatas, pihaknya juga tetap menerapkan protokol kesehatan kepada keluarga warga binaan yang akan berkunjung seperti memakai masker, mencuci tangan, dan lainnya.

3 dari 3 halaman

Sekali Seminggu

Usman mengungkapkan untuk mengantisipasi adanya keramaian saat kunjungan tatap muka dibuka, setiap warga binaan hanya dapat dikunjungi sekali selama satu minggu.

"Kami punya 1.529 warga binaan yang berada di dalam Lapas. Untuk mencegah padatnya kunjungan, kami juga tetap buka pelayanan penitipan barang dan video call bagi untuk warga binaan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.