Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak, JK: Beliau Orang Baik, Semoga Selamat

Oleh Lizsa Egeham pada 08 Jul 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 08 Jul 2022, 14:45 WIB
Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak
Perbesar
Orang-orang bereaksi setelah tembakan di Nara, Jepang barat (8/7/2022). NHK dan Kyodo sama-sama melaporkan Abe dibawa ke rumah sakit dan tampaknya mengalami cardo-respiratory arrest-istilah yang digunakan di Jepang untuk menunjukkan tidak ada tanda-tanda vital, dan umumnya mendahului sertifikasi formal kematian oleh koroner. (Kyodo News via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla atau JK turut merespons insiden penembakan terhadap mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

JK berharap, Shinzo Abe bisa selamat usai ditembak saat berkampanye. JK menilai, eks PM Jepang tersebut merupakan sosok yang baik.

"Kita tentu saja ikut berdoa agar beliau (Shinzo Abe) bisa selamat, sebab beliau orang baik," kata JK dikutip dari siaran persnya, Jumat (8/7/2022).

Dia mengaku bersahabat baik dengan Abe. JK mengatakan dirinya beberapa kali pernah menghadiri event internasional dengan Shinzo Abe.

"Saya sering bersama-sama dalam beberapa kali dalam kegiatan konfrensi internasional," ujar JK.

Seperti diketahui, mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dilaporkan ditembak ketika sedang berkampanye untuk seorang kandidat di partainya, di dekat Stasiun Yamatosaidaiji, Nara.

Menurut laporan NHK, Jumat, 8 Juli 2022, Abe tidak menunjukkan tanda-tanda vital ketika dibawa ke rumah sakit. Namun, sejumlah saksi mata menyebut Abe terlihat berdarah.

Abe saat itu sedang pidato untuk seorang kandidat partainya. Shinzo Abe disebut tak sadar dan tak responsif setelah tembakan terjadi.

Masih laporan NHK, seorang terduga pelaku telah ditangkap. Adapun Shinzo Abe turun dari jabatan perdana menteri Jepang karena sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penampakan Shinzo Abe Usai Ditembak

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak
Perbesar
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (tengah) jatuh ke tanah di Nara, Jepang barat, Jumat (8/7/2022). Abe pingsan setelah ditembak di Nara. Beberapa media melaporkan bahwa Shinzo Abe ditembak dari belakang, kemungkinan dengan senapan. (Kyodo News via AP)

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dilaporkan ditembak ketika sedang kampanye. Menurut laporan NHK, Jumat (8/7/2022), Abe tidak menunjukkan tanda-tanda vital ketika dibawa ke rumah sakit. 

Gambar pasca-Shinzo Abe ditembak kemudian beredar di sejumlah media lokal dan asing salah satunya Kyodo News dan Associated Press. Mengutip situs tersebut, terlihat sebuah foto saat mantan pemimpin Jepang tersebut berada di tanah dikerumuni sejumlah staf.

Dalam penampakan Shinzo Abe usai ditembak tersebut, terlihat kemeja yang dikenakannya ada noda darah di bagian dada. Lalu sejumlah orang tengah menekan luka Abe dan seperti tengah memberi bantuan pernapasan CPR.

Mantan PM Jepang berusia 67 tahun itu terlihat dalam foto sudah pingsan, tak sadarkan diri.

Foto lain yang beredar dari lokasi kejadian di media sosial, menunjukkan bahwa Shinzo Abe kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya