Sukses

Gelar Kongres Nasional III, Asahi Siap Kawal Kepatuhan Hukum di Tanah Air

Asosiasi Auditor Hukum Indonesia (ASAHI) menggelar Kongres Nasional III di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis (7/7/2022). ASAHI juga melaunching buku "Auditor Hukum Indonesa Asahi Mengawal Ketaatan Dan Kepatuhan Hukum Di Indonesia".

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Auditor Hukum Indonesia (ASAHI) menggelar Kongres Nasional III di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis (7/7/2022). ASAHI juga melaunching buku "Auditor Hukum Indonesa ASAHI Mengawal Ketaatan dan Kepatuhan Hukum di Indonesia".

Ketua Panitia Pelaksana Kongres Nasional III ASAHI, Harvardy M. Iqbal, S.H., M.H. mengatakan, acara tersebut diikuti berbagai peserta dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) ASAHI se-Indonesia. Adapun turut hadir Dewan Pimpinan Cabang (DPC) ASAHI.

"Kemudian, untuk kongres nanti jam 2 sampai malam, yang saat ini sudah diikuti oleh para peserta putusan dari DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) dan DPC (Dewan Pimpinan Cabang) yang hadir ada 10 DPW itu dari Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, NTT, NTB, Bali, Gorontalo, dan Yogyakarta," kata Harvardy dalam keterangannya.

"Kemudian, DPC yang hadir Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Sleman," tambahnya.

Presiden ASAHI, Dr. Qomaruddin, SH, MH mengungkapkan, penerbitan buku ASAHI dengan pertimbangan untuk mengenalkan diri auditor hukum bersertifikat dan memiliki kompetensi di bidang audit hukum, independen, dan tidak memihak.

Buku tersebut diharapkan dapat menjadi pegangan dan panduan bagi auditor hukum dan para pemangku kepentingan untuk bisa memahami visi, misi, fungsi, dan tugas auditor hukum dalam mengawal ketaatan dan kepatuhan hukum di Indonesia.

"Dengan pemahaman yang baik dan komprehensif mengenai visi, misi, fungsi dan tugas auditor hukum, maka para pengambil keputusan merasa yakin bahwa kehadiran auditor hukum benar-benar diperlukan dalam setiap pelaksanaan kegiatan/transaksi yang berkaitan dengan keuangan negara dan hak/kewajiban warga masyarakat termasuk yang berkaitan dengan hak asasi manusia," tuturnya.

"Melalui buku ini, diharapkan para pembaca terutama para pemangku kepentingan memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai kemajuan dan perkembangan profesi auditor hukum di Indonesia," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenai Asahi

ASAHI merupakan organisasi profesi auditor hukum se-Indonesia yang lahir untuk mengawal ketaatan dan kepatuhan hukum di Indonesia.

Melalui Pendidikan Auditor Hukum, ASAHI telah melahirkan lebih dari 3.000 Auditor Hukum profesional yang berlisensi BNSP. Ribuan Auditor Hukum yang tersebar di seluruh Indonesia diharapkan dapat menjalankan profesinya sesuai dengan aturan organisasi ASAHI dan Kode Etik Profesi Auditor Hukum.

Auditor Hukum berperan penting dalam menanamkan semangat dan motivasi untuk terus mengkampanyekan, ketaatan, dan kepatuhan hukum di Indonesia.

Auditor hukum perlu menjalin kolaborasi dengan pemegang kebijakan untuk menjadi teladan dalam ketaatan dan kepatuhan hukum.

Pemegang kebijakan diharapkan dapat menampilkan perilaku yang sadar, taat dan patuh hukum dimulai dari tahap perencanaan dan pelaksanaan kebijakan, baik dari pembentukan regulasi hingga konsistensi dalam pelaksanaan dan penegakkan hukumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.