Salat Idul Adha di JIS, Masyarakat Diimbau Lengkapi Vaksin Booster

Oleh Winda Nelfira pada 07 Jul 2022, 09:03 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 09:03 WIB
Ribuan Umat Muslim Laksanakan Sholat Idul Fitri di JIS
Perbesar
Umat Islam bersiap melaksanakan sholat Id 1 Syawal 1443 Hijriah hingga memenuhi Stadion Jakarta Internasional Stadium, Senin (2/5/2022). Pemerintah Indonesia menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 2 Mei 2022. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta akan menggelar salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu, 10 Juli 2022 mendatang. Pemprov DKI Jakarta mengimbau warga yang ingin berpartisipasi untuk mematuhi tata tertib, melengkapi vaksin ketiga atau booster, dan tetap memakai masker meski di ruang terbuka.

Plh. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah ini telah melalui koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta dan Lembaga-lembaga Islam lainnya.

Sigit menjelaskan untuk menjamin kesucian tempat salat akan dilakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah DKI Jakarta. Dia juga mengajak masyarakat untuk membawa peralatan ibadah secara pribadi.

"Diimbau untuk seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk tetap tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kenyamanan bersama. Silakan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khutbah Idul Adha secara khusyuk, serta tidak berkerumun selepas kegiatan,” kata Sigit dalam keterangannya, Rabu 6 Juni 2022.

Selain itu Sigit menyebut berbagai infrastruktur untuk mendukung salat Idul Adha di JIS sudah disiapkan, seperti tempat wudhu, tempat parkir, dan toilet. Meski telah disediakan tempat wudhu, disarankan untuk wudhu dari rumah untuk mengurangi antrian, sehingga pelaksanaan salat dapat dimulai tepat waktu.

“Segala sesuatu keperluan saat salat Ied sudah disiapkan. Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan salat Ied berjamaah dapat berjalan sukses," kata dia.

Sebagai informasi, pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriah di JIS berlokasi di Ramp Barat, Ramp Timur, Concourse Utara dan Selatan JIS, Jakarta Utara. Pemprov DKI juga telah menyiapkan alternatif tempat salat Idul Adha di salah satu lokasi yang ada di JIS jika terjadi hujan.

Selain itu, direncanakan yang menjadi Khatib adalah Prof. K. H. Syukron Mam'un dengan Imam salat K.H.Muhammad Ali.


Jemaah Dilarang Bawa Koran

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga mengimbau jemaah tidak membawa koran karena dapat menjadi sampah setelah sholat Idul Adha. Jemaah juga diimbau tetap pakai masker serta menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Selanjutnya, jemaah diimbau tetap menjaga jarak agar tidak terlalu rapat antara satu jemaah dengan jemaah lainnya.

Pemprov DKI juga mengimbau jemaah menggunakan transportasi umum atau transportasi berbasis daring untuk mengantisipasi keterbatasan lahan parkir di kawasan JIS.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya