Survei PWS: Prabowo Subianto Dinilai Punya Kinerja Terbaik Sebagai Menhan

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 06 Jul 2022, 23:01 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 23:01 WIB
Momen Pidato Kebangsaan Prabowo Sandi Indonesia Menang
Perbesar
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyapa relawan dan pendukungnya saat pidato kebangsaan di JCC, Jakarta, Senin (14/1) malam. Pidato kebangsaan mengusung Indonesia Menang. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho) 

Liputan6.com, Jakarta Lembaga survei Political Weather Station (PWS) merilis hasil temuan baru mereka, terkait kinerja menteri terbaik di kabinet Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

Berdasarkan 1420 responden survei yang terdiri dari 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, 60 persen penduduk pedesaan dan 40 persen penduduk perkotaan secara nasional, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga ketua umum Partai Gerindra menjadi yang terunggul.

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih dipersiapkan publik sebagai menteri dalam Kabinet Jokowi-Ma'ruf yang kinerjanya paling baik dengan suara responden sebesar 15,1 persen," kata peneliti senior PWS Mohammad Tidzi AM, Rabu (6/7/2022).

Menyusul Prabowo, nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang juga kader Partai Gerindra Sandiaga Uno ada di urutan kedua dengan suara responden sebesar 11,8 persen. Hasil diperoleh Sandiaga memiliki selisih yang tipis dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dengan perbedaan 0,4 persen.

Sebagai informasi, survei ini dilaksanakan tanggal 15 Juni sampai 28 Juni 2022 di 34 provinsi. Teknik digunakan adalah pencuplikan secara rambang berjenjang (multistage random sampling).

Selain itu, margin of error dari survei ini adalah +/- 2.6 persen dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner melalui aplikasi Google Form.

Berikut hasil lengkap 10 besar nama menteri/ jabatan setingkat menteri berkinerja baik menurut responden survei:

1. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 15,1 persen

2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno 11,8 persen

3. Menteri BUMN Erick Thohir 11,4 persen

4. Menteri Sosial Tri Rismaharini 11,3 persen

5. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 9,7 persen

6. Menteri Pendidikan Nadiem Makarim 8,5 persen

7. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 5,6 persen

8. Kepala KSP Moeldoko 4,8 persen

9. Menko Polhukam Mahfud MD 3,5 persen

10. Panglima TNI Andika Perkasa 3,4 persen

11. Menteri-menteri lainnya 9,6 persen

12. Responden menjawab tidak tahu/tidak menjawab 5,3 persen


Jokowi Dapatkan 'Amunisi' Baru Menteri dan Wamen

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapatkan amunisi baru, karena telah melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (wamen) pada Rabu 15 Juni 2022 lalu. Pertama mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Adapun Hadi menggantikan posisi Sofyan Djalil yang terkena reshuffle kabinet oleh Jokowi. Pelantikan Hadi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Selain Hadi, Presiden Jokowi juga menunjuk Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Zulhas menggantikan posisi Muhammad  Luthfi yang juga terkena reshuffle.

Sementara tiga wamen yang dilantik adalah, Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan. Kemudian, John Wempi Wetipo yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri PUPR, kini menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri.

Kemudian satu nama wamen lainnya adalah Raja Juli Antoni. Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini dilantik menjadi Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, menggantikan rekan separtainya, Surya Tjandra.

 

 

Infografis Jokowi Minta Menteri Setop Bicarakan Penundaan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jokowi Minta Menteri Setop Bicarakan Penundaan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya