Cari Rekan Koalisi, Demokrat: Tidak Harus AHY Jadi Capres-Cawapres

Oleh Liputan6.com pada 06 Jul 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 22:00 WIB
Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra,
Perbesar
Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, (Foto: dokumentasi Demokrat)

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrat membantah telah menawarkan ketua umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat bertemu dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) agar diusung menjadi capres ataupun cawapres di Pilres 2024.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan, selama berkomunikasi dengan partai lain, partai berlogo bintang mercy ini tidak mensyaratkan AHY harus menjadi capres atau cawapres.

"Enggak ada itu kita dalam komunikasi dengan semua partai itu enggak ada harus ketum AHY jadi capres atau cawapres nggak ada," ujar Herzaky saat dihubungi, Rabu (6/7/2022).

Herzaky menuturkan, saat ini partai bernuansa biru ini tengah membuka komunikasi dengan seluruh partai politik. Termasuk dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang di dalamnya terdiri dari Golkar, PPP dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Herzaky mengklaim selama membangun komunikasi politik dengan partai-partai dimaksudkan untuk membangun kesamaan visi dan misi.

Demokrat tidak memaksa AHY menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. Itu akan menjadi prioritas terakhir.

"Kemudian kita sepakat capres dan cawapres kita tentukan nantilah kita menghargai setiap proses di masing-masing partai mungkin ada yang sudah menentukan di kami belum," tegas Herzaky.

"Jadi kami menghargai yang sudah menentukan, tapi tolong hargai kami juga yang belum menentukan di internal kami," jelasnya.

Namun demikian, Herzaky mengakui mayoritas kader Partai Demokrat mendorong AHY untuk menjadi capres ataupun cawapres di Pemilu 2024.

"Tetapi memang kader menginginkan Mas AHY. Ada keinginan dari kader tapi di partai ada mekanisme," katanya.

 


PPP Sebut Demokrat Tawarkan AHY Jadi Capres

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengakui, PPP sudah bertemu dengan Partai Demokrat. Untuk melakukan penjajakan koalisi. Ketika pertemuan itu, nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ditawarkan sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden.

Politikus yang akrab disapa Awiek menuturkan, KIB menghormati sikap Demokrat. Tetapi, ia menegaskan KIB berkoalisi tanpa syarat. Di internal koalisi saja belum ada pembahasan capres dan cawapres.

"Ya kita hormati saja. Kalau di KIB tanpa syarat. Di KIB saja kita nggak ada bahas capres," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 4 Juli 2022.

 

Infografis Manuver Manuver Para Parpol Cari Koalisi dan Poros Baru. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Manuver Manuver Para Parpol Cari Koalisi dan Poros Baru. (Liputan6.com/Abdillah)

Tawarkan Bergabung

Awiek menawarkan Partai Demokrat untuk bergabung dengan KIB.

Nantinya AHY tidak menutup kemungkinan akan masuk nominasi capres dan cawapres yang bakal dipertimbangkan.

"Gabung saja, barangkali mas AHY masuk nominasi yang bisa dibicarakan," kata wakil ketua Baleg DPR RI ini.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya