Kunjungi Pasar Alasan di Nias, Jokowi Berbelanja Pisang dan Bagikan Bantuan PKH

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 06 Jul 2022, 16:08 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 16:10 WIB
Kunjungi Pasar Alasan di Nias, Jokowi Berbelanja Pisang dan Bagikan Bantuan PKH
Perbesar
Kunjungi Pasar Alasan di Nias, Jokowi Berbelanja Pisang dan Bagikan Bantuan PKH. (Biro Kantor Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Pasar Alasan di Nias, Sumatera Utara, hari ini, Rabu (6/7/2022). Kedatangan kepala negara disambut barisan pelajar yang membawa bendera merah putih dan bersorak.

Mengutip keterangan pers dari Kantor Sekretariat Presiden, Jokowi tiba pukul 10.50 WIB. Aksi menyerahkan bantuan langsung kepada warga sekitar menjadi agenda pertamanya.

"Presiden langsung menyerahkan bantuan kepada masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Presiden Jokowi berpesan agar bantuan tersebut dipakai untuk tambahan modal usaha," tulis siaran pers tersebut, Rabu (6/7/2022).

Kepada masyarakat penerima PKH, Jokowi berpesan agar bantuan langsung tunai sebesar Rp 300 ribu itu bisa dipergunakan untuk kebutuhan pokok, seperti sembako dan minyak goreng.

"Bukan untuk beli HP ya, jangan," wanti Jokowi.

Selain memberi bantuan tunai, Jokowi juga berbelanja langsung hasil usaha para pedagang pasar. Seorang pedagang pisang bernama Dasimalahagu mengaku senang karena dagangan dibeli presiden.

"(Harganya) Rp5 ribu kalau dibeli biasanya, yang dibeli Bapak Presiden dikasih Rp50 ribu. Sayang sekali dengan Bapak Presiden," ujar pedagang tersebut dengan sangat antusias.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Rabu (6/7/2022). Ia lepas landas menggunakan Pesawat ATR-Pelita Air dari Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan sekitar pukul 07.20 WIB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tinjau Infrastruktur

Kunjungi Pasar Alasan di Nias, Jokowi Berbelanja Pisang dan Bagikan Bantuan PKH.
Perbesar
Kunjungi Pasar Alasan di Nias, Jokowi Berbelanja Pisang dan Bagikan Bantuan PKH. (Biro Kantor Sekretariat Presiden)

Setibanya di Bandar Udara Binaka, Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan darat menuju Kabupaten Nias Utara untuk membagikan bansos kepada para masyarakat penerima di Pasar Alasa.

Selanjutnya, Jokowi akan meninjau lokasi proyek peningkatan struktur jalan.

Setelah itu, Jokowi bersama rombongan terbatas akan menuju helipad Lapangan Alasa untuk selanjutnya bertolak ke Kabupaten Nias Barat. Ia terbang menggunakan helikopter Super Puma TNI AU dan mendarat di helipad Lapangan Sepak Bola Sirombu.

Jokowi diagendakan untuk meninjau infrastruktur jalan nasional dan jembatan serta menyerahkan sejumlah bantuan sosial di Pasar Mandrehe.

Bansos yang diserahkan yaitu Bantuan Modal Kerja (BMK) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) serta Minyak Goreng bagi para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan pedagang.

Pada sore harinya, dari Kabupaten Nias Barat, Jokowi dan rombongan akan kembali ke Bandara Binaka menggunakan helikopter Super Puma TNI AU dan selanjutnya bertolak menuju Kota Medan.

 


Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Kebutuhan Pokok

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Jokowi di Pasar Peterongan, Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Pemprov Jateng)
Perbesar
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Jokowi di Pasar Peterongan, Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Pemprov Jateng)

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Pasar Peterongan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa 5 Juli 2022. Kedatangan Jokowi dan Iriana disambut antusias oleh masyarakat yang berada pasar tersebut.

Di pasar itu, Jokowi dan Iriana memberikan sejumlah bantuan dan berinteraksi dengan beberapa masyarakat penerima manfaat serta pedagang.

Salah satu pedagang bernama Joko menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan. Dia berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan usahanya di bidang makanan.

"Sekarang ini saya sedang usaha buat risol mayo, salad buah, kacang telor, dan juga brambang goreng. Harapannya dengan bantuan ini usaha saya bisa makin berkembang dan maju dan saya ingin menunjukkan bahwa kaum disabilitas bisa maju," ujar Joko, pedagang yang juga kaum disabilitas, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa.

Jokowi juga bertemu dengan sejumlah masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan. Dia kembali mengingatkan agar bantuan senilai Rp1,2 juta yang diberikan dapat digunakan untuk tambahan modal kerja.

"Tidak boleh dibelikan handphone, jangan dibelikan handphone apalagi pulsa. Ini dipakai untuk tambahan modal kerja, kalau yang Rp300 ribu boleh dipakai untuk beli minyak goreng, sembako, silakan," jelas Jokowi.

Selain memberikan bantuan, Jokowi dan Iriana turut meninjau harga dan ketersediaan sejumlah bahan pangan pokok. Mulai dari, cabai merah, minyak goreng, hingga beras.

Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Kilas Balik Deretan Reshuffle Kabinet Pemerintahan Jokowi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya