Sukses

CSIS Urai Potensi Ridwan Kamil Menangkan Lumbung Suara Jabar bila Diusung Capres

Berdasar hasil survei CiGMark, saat ini yang memiliki suara paling solid di Jawa Barat adalah Ridwan Kamil. Karena itu, menjadi wajar bila Ridwan Kamil selalu muncul dalam berbagai survei calon presiden dan calon wakil presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Senior Centre of Strategic and International Studies (CSIS) Philips J. Vermonte menyampaikan, Jawa Barat adalah salah satu daerah kunci yang sangat penting dalam peta politik Indonesia saat ini.

Menurut dia, Jawa Barat tidak sekedar luas, namun juga menjadi sumber lumbung suara. 

“Tidak heran bila suara pemilih di Jawa Barat selalu jadi rebutan partai politik dan para calon yang turut serta dalam kontestasi pesta demokrasi,” kata Philips saat rilis hasil survei CiGMark seperti dikutip dari keterangan tertulis diterima, Rabu (6/7/2022).

Philips menambahkan, Jawa Barat juga menjadi salah satu penyumbang kursi terbanyak di DPR RI. Dia pun mencatat, bagi para calon yang tidak begitu populer atau tidak memiliki basis massa yang kuat di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Jawa Barat bisa menjadi pilihan. 

Philips melihat, berdasar hasil survei CiGMark, saat ini yang memiliki suara paling solid di Jawa Barat adalah Ridwan Kamil. Karena itu, menjadi wajar bila nama pria yang juga akrab dipanggil Kang Emil itu selalu muncul dalam berbagai survei calon presiden dan calon wakil presiden. 

"Kang Emil itu menurut saya suaranya solid di Jawa Barat. Dia bisa mengimbangi kemungkinan calon lain mengambil suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” jelas Philips. 

Selain itu, lanjut Philips, suara pemilih di Jawa Barat diyakini bisa mengkompensasi bila calon yang ikut bertarung dalam kontestasi pilpres kehilangan suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Artinya, jika ada kandidat yang tidak bisa menembus di Jawa Tengah atau Jawa Timur, agar suara tidak terlalu jauh timpangnya, maka menangkan suara di Jawa Barat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalaman Pimpin Daerah

"Di Jawa Barat saat ini Kang Emil yang masih memimpin sebagai tokoh dengan basis pendukung yang tinggi. Saya kira Kang Emil di situ (Jawa Barat) punya kontribusi dan sangat mengalir,” imbuh Philips.

Philips meyakini, soliditas pemilih tersebut di Jawa Barat menjadi salah satu kunci atas naiknya dukungan terhadap Ridwan Emil yang tampak dalam hasil survei CiGMark. Keunggulannya dikarenakan kemampuannya untuk bekerja baik sebagai Gubernur di Jawa Barat.

"Kang Emil berpengalaman sebagai kepala daerah. Baik kepala daerah tingkat II di Bandung maupun kepala daerah tingkat I di Jawa Barat. Keunggulan lain, Kang Emil merupakan salah satu teknokrat yang sudah tidak diragukan kemampuannya. Kang Emil mampu menyelesaikan beragam persoalan dari A sampai Z,” Philips memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.