Sukses

Kenang Jasa Pahlawan saat HUT ke-77 RI, PIA DPR RI Kunjungi TMP Kalibata

PIA DPR RI melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada hari ini, Kamis (18/8/2022) saat HUT ke-77 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia atau HUT ke-77 RI, Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI menggelar serangkaian acara.

Salah satunya, PIA DPR RI melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada hari ini, Kamis (18/8/2022).

Diungkapkan Ketua Umum PIA DPR RI Tri Hatmanti Utut Adianto, ziarah ke TMP Kalibata Jakarta ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilakukan oleh PIA DPR RI.

"Tujuannya, selain untuk mendoakan para pahlawan bangsa yang telah gugur, juga untuk selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan," ujar Tri Hatmanti melalui keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Karena tidak dapat dipungkiri, lanjut dia, kemerdekaan yang bangsa Indonesia rasakan hingga detik ini tidak lain adalah berkat jasa para pahlawan bangsa.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan bangsa. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun ini, PIA DPR RI menyempatkan diri untuk tabor bunga dan berziarah di Taman Makam Pahlawan,Kalibata, Jakarta," ucap Tri Hatmanti.

Tri berharap kegiatan yang baik ini bisa dijadikan agenda rutin PIA DPR RI dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan setiap tahunnya.

Dan khusus untuk tahun ini, kata dia, sebagaimana tema besar yang telah ditetapkan pemerintah dalam peringatan HUT RI Ke-77 tahun ini, yakni "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat".

"Semoga pasca Pandemi Covid-19 ini, seluruh anggota PIA DPR RI dan masyarakat Indonesia pada umumnya, dapat bangkit, mengisi kemerdekaan ini dengan kembali menjalankan berbagai aktivitasnya. Demi membantu sesama dan demi Indonesia yang lebih maju," tandas Tri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

HUT ke-77 RI, Jokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu dini hari 17 Agustus 2022.

Acara yang digelar tepat pada pukul 00.00 WIB tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT ke-77 RI.

Setibanya di lokasi, Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin terlebih dahulu melakukan penghormatan di gerbang TMP Kalibata. Setelah itu, Jokowi selaku inspektur upacara memimpin apel kehormatan dan renungan suci.

Jokowi menyatakan penghormatan tertinggi bagi 10.257 pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela Tanah Air dan meneruskan perjuangan.

Adapun sebanyak 9.241 pahlawan dari TNI dan Polri, 904 pahlawan dari Badan Perjuangan. Kemudian, 69 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan tidak dikenal bersemayam di TMP Kalibata.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Doa Jokowi di TMP Kalibata

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tidak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari seluruh pelosok Tanah Air.

Ia juga turut mendoakan agar para pahlawan diberikan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," ujar Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya," sambung dia.

Selanjutnya, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta. Sedangkan doa bersama dipandu oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Jokowi kemudian melakukan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum meninggalkan TMP Kalibata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.