Resmikan Pasar Banyumas, Puan Minta Pedagang dan Pengunjung Jaga Kebersihan

Oleh Liputan6.com pada 06 Jul 2022, 13:16 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 13:16 WIB
Curhat Nelayan Cirebon Saat Bertemu Puan Maharani
Perbesar
Ketua DPR RI Puan Maharani mendengarkan curhat keluh kesah nelayan Cirebon di tengah kunjungan kerja. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Pasar Banyumas di Jawa Tengah yang telah direhabilitasi. Puan menitipkan pesan kepada pedagang maupun pembeli agar menjaga kebersihan pasar.

"Artinya bukan karena kita semua hari ini datang pasarnya bersih karena dibersihin dulu tadi malam, tapi besok kotor lagi, nah ini tentu saja tanggung jawab dari Pemda, tentunya untuk mengawasi," ujar Puan di Pasar Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (6/7/2022).

Ketua DPP PDIP ini berujar, pasar yang tidak layak dan kotor adalah cerminan dari kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sekitarnya. Aritnya, tidak bisa menjaga kebersihan.

"Artinya nanti terbiasa hidup sehari hari tanpa menjaga kebersihan, jadi ini akan menjadi penting ya tentu pedagangnya di pasar Banyumas ini terus menjaga kebersihan, plus yang datang pun harus menjaga kebersihan," tuturnya.

Puan menyebut, sebelum dibangun kondisi pasar Banyumas becek dan atapnya bocor. Sirkulasi udaranya juga tidak ada, layaknya pasar tradisional zaman dulu.

"Saya membayangkan itu pasar tradisional zaman dulu dan sekarang bentuknya seperti ini bagus dan green, kering dan kemudian lostnya tertata rapih dan bahkan ada rel buat difabel, yang memungkinan buat ibu-ibu sepuh mbah mbah bisa ikut masuk ke pasar juga dan kemudian sinar matahari sirkulasinya baik," ungkapnya.

Puan lalu berpesan kepada Kementerian PUPR untuk menyelesaikan hal-hal kecil yang mungkin masih berserakan di pasar Banyumas. Dia bilang, pasti ada hal-hal kecil yang belum selesai namun tidak terlihat.

"Misalnya sirkulasinya kalau digambar secara teoris itu baik tapi ternyata kurang sirkulasi di satu tempat, di titik titik tertentu, karena gak mungkin bisa kelihatan kalau gak ada di lapangan," kata dia.

"Mungkin itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim saya resmikan pasar Banyumas," tutup Puan.


Kunker Sebagai Ketua DPR RI dan Ketua DPP PDIP

Ketua DPR RI Puan Maharani menepis kunjungan kerjanya ke luar daerah untuk sosialisasi sebagai calon presiden 2024.
Perbesar
Ketua DPR RI Puan Maharani menepis kunjungan kerjanya ke luar daerah untuk sosialisasi sebagai calon presiden 2024. (Merdeka)

Sebelumnya, Puan Maharani menjelaskan bahwa dirinya berkeliling mengunjungi wilayah Indonesia bukan untuk sosialisasi sebagai calon presiden 2024, melainkan untuk kunker sebagai Ketua DPR RI dan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP).

Puan telah berkunjung ke Jawa Barat dan Jawa Tengah sejak Senin (5/6/2022) kemarin.

"Ketua DPR plus Ketua DPP PDIP bertemu dengan struktur partai di wilayah," kata Puan di DPC PDIP Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa 5 Juli 2022.

Sementara mengenai calon presiden, kata Puan merupakan keputusan Megawati Soekarnoputri.

"Nanti kan saya udah bilang, kita punya mekanisme dan perhitungan sendiri. Nanti Bu Ketum akan memutuskan," ucap dia.

Puan menambahkan, Jawa Tengah menjadi salah satu kantong suara PDIP di tahun 2024. Dia ingin partainya kembali menjadi pemenang di Pemilu 2024.

"Yang pasti pertahankan suara yang ada dan di tahun 2019, namun insya Allah kita bisa menambah suara di tahun 2024," kata Puan.

Infografis Kader PDIP Tidak Loyal dan Sentilan Megawati. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Kader PDIP Tidak Loyal dan Sentilan Megawati. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya