Sukses

Infografis Wacana Tiket Terusan Taman Nasional Komodo Senilai Rp 3,75 Juta

Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan wacana kenaikan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo dan Pulau Padar belum masuk dalam pembahasan di kementerian ataupun lembaga. Namun, ia berjanji akan mengkaji wacana harga tiket terusan senilai Rp 3,75 juta per orang.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur atau NTT, kembali menjadi perhatian publik dalam beberapa hari terakhir. Bukan soal "Proyek Jurassic Park" yang sempat menghebohkan 2 tahun lalu, melainkan kali ini perihal harga tiket terusan masuk Taman Nasional Komodo, terutama Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Tiket terusan dikabarkan mencapai Rp 3,75 juta per orang. Carolina Noge selaku Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi di TN Komodo pun menjelaskan.

"Penetapan biaya sebesar Rp 3,75 juta per orang yang berlaku selama satu tahun merupakan biaya kontribusi untuk program konservasi Pulau Komodo, Pulau Padar, dan kawasan perairan sekitarnya, bukan sekadar harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo," ujar Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi di TN Komodo, Jumat 1 Juli 2022.

Carolina menambahkan, pengunjung yang akan melakukan kunjungan wajib registrasi dan reservasi secara online satu pintu melalui aplikasi. Selanjutnya, pembatasan pengunjung melalui registrasi online, serta penerapan biaya kontribusi ini akan digunakan untuk upaya konservasi Taman Nasional Komodo, terutama Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Terkait hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan wacana kenaikan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo dan Pulau Padar belum masuk dalam pembahasan di kementerian ataupun lembaga. Namun pihaknya berjanji akan mengkaji wacana harga tiket terusan yang ditetapkan menjadi Rp 3,75 juta per orang.

Sandiaga Uno menegaskan pariwisata di Taman Nasional Komodo akan dikembangkan dengan konsep konservasi untuk kelestarian lingkungan. Dengan demikian, jumlah kunjungan wisata akan dibatasi agar tetap menjaga kelestariannya.

Bagaimana rencana pembatasan jumlah pengunjung Pulau Komodo? Bagaimana pula ragam tanggapan wacana tiket terusan Taman Nasional Komodo senilai Rp 3,75 juta? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Wacana Tiket Terusan Taman Nasional Komodo Senilai Rp 3,75 Juta

3 dari 4 halaman

Infografis Rencana Pembatasan Jumlah Pengunjung Pulau Komodo

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Wacana Tiket Terusan Taman Nasional Komodo Senilai Rp 3,75 Juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.