Jokowi Ingatkan Polri: Kedepankan Pencegahan, Jadikan Penegakan Hukum Upaya Terakhir

Oleh Lizsa Egeham pada 05 Jul 2022, 12:04 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 12:04 WIB
FOTO: Pidato Virtual Presiden Jokowi di Sidang Majelis Umum PBB
Perbesar
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi (UN Web TV via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan anggota Polri untuk mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Dia meminta Polri untuk bertindak humanis, namun tetap tegas.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara yang dipusatkan di Akademi Kepolosian (Akpol) Kota Semarang Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

"Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas, lakukan berbagai tindakan pemolisian dengan humanis namun tegas ketika diperlukan," ujar Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Menurut dia, rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh semua masyarakat. Jokowi meminta Polri untuk menjadikan penegakan hukum sebagai opsi terakhir.

"Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir, harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia," katanya.


Tugas Berat

Selain itu, Jokowi juga meminta anggota Polri tetap berinovasi, adaptif, responsif, dan bertransformasi. Pasalnya, kata dia, tugas Polri ke depannya akan semakin berat.

"Individu anggota polri dan kelembagaan polri harus terus berinovasi, harus semakin adaptif, responsif dan bertransformasi menjadi institusi modern dan bersinergi dengan TNI, kementerian dan lembaga-lembaga dalam menjalankan tugasnya," tutur Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan banyak tugas berat nasional yang masih harus dilakukan Polri. Pertama, pandemi Covid-19 yang masih perlu penanganan serius.

"Saya minta polri selalu siaga dalam penanggulangan Covid-19," ucap dia.


Waspada

Kedua, kata Jokowi, Polri harus mewaspadai ketidakpastiaan global, krisis energi, pangan, dan keuangan. Untuk itu, Polri harus memastikan keamanan dan ketertiban masyarakar agar dapat kokoh dalam menghadapi tantangan ini.

Ketiga, Jokowi menekankan Polri harus semakin siap dalam menghadapi ancaman kejahatan berbasis teknologi terbaru. Dia meminta Polri terus berinovasi dan meningkatkan penguasaan teknologi.

"Polri harus lebih maju dibandingkan pelaku kejahatan," jelas Jokowi.

Infografis Respons Komnas HAM dan Polisi Terkait Temuan Kerangkeng Manusia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Respons Komnas HAM dan Polisi Terkait Temuan Kerangkeng Manusia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya