Sukses

Kabar Baik! Warga Kota Pasuruan Sudah Bisa Akses Internet Gratis Sampai Tingkat RW

Terobosan terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Pasuruan. Kali ini, internet gratis sudah bisa diakses sampai tingkat Rukun Warga (RW)

Liputan6.com, Pasuruan Kabar baik untuk semua warga Kota Pasuruan! Terobosan terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan. Kali ini, internet gratis sudah bisa diakses sampai tingkat Rukun Warga (RW). Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau yang kerap disapa Gus Ipul meluncurkan program internet untuk rakyat.

“Kalau kemarin di taman-taman, sekarang di RW-RW, baru ada 68 RW. Semoga akhir tahun tambah lagi 68, dan tahun depan bisa semuanya,” ujar Gus Ipul saat peluncuran Madinah Command Center dan Paket Internet untuk Rakyat.

Ia pun berharap, dengan adanya layanan internet gratis bagi warga Kota Pasuruan, ekonomi warga secara khusus dan daerah secara umum akan terdongkrak. Dan juga semangat berkarya masyarakat Kota Pasuruan bisa meningkat.

“Seperti yang saya singgung tadi, ada 68 RW itu tolong dipantau pemanfaatannya. Oleh karena itu saya undang semua RW agar mampu melakukan sosialisasi kepada warganya untuk memanfaatkan layanan wifi gratis ini. Agar tidak disalah gunakan, penggunaannya agar maksimal untuk pembelajaran online, untuk kepentingan usaha, untuk keperluan bisnis, dan untuk kepentingan layanan publik agar pemanfaatannya bisa lebih produktif,” jelas Gus Ipul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masyarakat Sangat Terbantu

Peluncuran program internet untuk rakyat ini disambut baik oleh warga di Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul. Mereka senang dengan adanya program internet gratis hingga tingkat RW, salah satunya Yuni Fitriani seorang yang memiliki usaha online shop.

“Alhamdulillah senang sekali dan saya berterima kasih kepada Pak Wali Kota karena dengan adanya internet untuk rakyat ini membantu saya untuk mengembangkan online shop pakaian yang selama ini saya jalankan. Bisa mengurangi pengeluaran untuk biaya kuota internet,” ujarnya sumringah.

Harapan juga muncul dari Lurah Krampyangan, Sumiati, S.Pd, MM. Ia berharap agar dengan adanya program internet rakyat ini dapat digunakan untuk hal-hal positif.

“Yang pelajar bisa menggunakan fasilitas wifi gratis ini untuk browsing materi pelajaran. Ibu-ibu bisa cari referensi resep masakan atau cara membuat kerajinan atau merawat tanaman. Bapak-bapaknya juga bisa memanfaatkan misalnya untuk pengetahuan bagaimana usahanya lebih produktif,” terang Sumiati. 

 

3 dari 3 halaman

Madinah Command Center

Selain meluncurkan program internet untuk rakyat, Gus Ipul juga meluncurkan Madinah Command Center (MCC). MCC ini berfungsi sebagai pengolah data, supporting data, monitoring, pelayanan publik, dan media promosi Kota Pasuruan.

“Nanti, Madinah Command Center ini untuk kegiatan zoom yang melibatkan banyak orang, karena kapasitasnya banyak dibandingkan MCC yang ada di Dinas Kominfotik, tentunya Madinah Command Center juga ramah untuk para difabel. Semoga dapat memberikan manfaat serta ruang yang lebih luas untuk masyarakat umum dengan cepat dan akurat,” jelasnya.

Sebagai informasi, Madinah Command Center ini merupakan salah satu inovasi digital yang dilakukan oleh Kota Pasuruan dalam mendukung kemudahan pelayanan publik dan menggerakkan ekonomi warga. Selain MCC, Kota Pasuruan juga membuat inovasi di bidang pendidikan melalui Aplikasi SPOT Suropati, Aplikasi e-Sambat sebagai tempat pengaduan warga, Aplikasi Sijaja yang berfungsi sebagai pelaporan kinerja harian ASN.

Selain itu, ada pula Aplikasi Si Duta yang mendukung pengelolaan database UMKM di Kota Pasuruan dan E-Katalog yang mampu membuka peluang produk lokal Kota Pasuruan untuk disebarluaskan pemasarannya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini