41 Penerjun Payung TNI-Polri Meriahkan HUT Bhayangkara ke-76

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 05 Jul 2022, 10:38 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 10:38 WIB
Penerjun Payung dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-76
Perbesar
Sebanyak 41 penerjun payung turun di Lapangan Akpol Semarang saat HUT Bhayangkara ke-76 di wilayah langit Lapangan Akpol, Semarang, Jawa Tengah. (Foto: Tangkapan Layar Youtube).

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 41 penerjun payung turun di Lapangan Akpol Semarang saat HUT Bhayangkara ke-76 di wilayah langit Lapangan Akpol, Semarang, Jawa Tengah.

Mereka terdiri dari personel gabungan Polri dan TNI, yang dianggap sebagai bentuk sinergitas.

"Ini adalah bentuk sinergitas antara kedua instansi yang tidak hanya di darat tapi juga di udara," kata moderator acara, seperti dikutip dari siaran daring kanal Youtube Kantor Sekretariat Presiden, Selasa (5/7/2022).

Penerjun terbang menggunakan Pesawat CN 295 milik TNI Angkatan Udara yang dipiloti oleh Kapten Penerbang Jati dan Co-pilot adalah Lettu Penerbang Jones dan Letda Penerbang Andre. Nantinya para penerjun akan melakukan aksinya dari ketinggian 10 ribu kaki.

"Para penerjun ini sudah lama berkiprah di ajang nasional dan internasional," cerita moderator acara.

Sebagai informasi, Kepolisian Republik Indonesia memperingati HUT Bhayangkara Polri pada tanggal 1 Juli setiap tahunnya.

Tahun ini Hari Bhayangkara 2022 yang jatuh pada Jumat hari ini mengangkat tema "Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh - Indonesia Tumbuh.

 


Jokowi Beri Amanat

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga sudah memberikan amanatnya kepada Polri.

Menurut kepala negara, Polri harus bisa terus menjaga kepercayaan masyarakat dan tidak boleh melakukan kesalahan sekecil apa pun.

"Setiap kecerobohan apapun di lapangan, sekecil apapun itu, bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri," kata Jokowi saat menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan ke-76 Bhayangkara di Kota Semarang Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

 


Anugerahkan Tanda Kehormatan ke 3 Anggota Polri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya untuk tiga anggota Polri yang dinilai telah berjasa besar dalam menjalankan tugasnya.

Tanda kehormatan ini diberikan dalam Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara 2022 yang dipusatkan di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

Adapun penganugerahan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 48/TK tahun 2022 tentang Penganugerahan Bintang Bhayangkara Nararya. Keppres ini ditetapkan Jokowi di Jakarta pada 4 Juli 2022.

"Sebagai penghargaan kepada anggota Polri yang berjasa besar dengan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui panggilan kewajiban yang disumabngkan untuk kemajuan dan pengembangan kepolisian. Tidak pernah cacat selama bertugas di kepolisian," ujar Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono membacakan Keppres sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Ketiga anggota Polri yang mendapatkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya antara lain, Kombes Pol Muhammad Alfian. Dia merupakan Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulawesi Tengah.

Kemudian, Ajun Komisaris Polisi Sri Poniyah Esa yang kini menjabat sebagai Pamin Taud Bagrenmin Slog Polri. Ketiga, AIPTU Ahmad Mustain dari Paur Waters Bagsdm Polres Jayapura Polda Papua.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya