Sukses

Ditanya Peluang Jadi Capres Gerindra, Sandiaga: Parpol yang Menentukan

Sandiaga Uno menanggapi peluang berlaga lagi di Pilpres 2024. Namun, tidak tegas menyatakan kesiapannya untuk maju di pemilu mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menanggapi peluang berlaga lagi di Pilpres 2024. Sandiaga yang pernah mendampingi Prabowo Subianto sebagai cawapres di Pilpres 2019 lalu, tidak tegas menyatakan kesiapannya untuk maju di pemilu mendatang.

Sandiaga mengatakan yang menentukan apakah akan maju di Pilpres 2024 adalah partai.

"Yang akan menentukan partai politik," ujar Sandiaga ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7,2022).

Namun, Sandiaga tidak menjawab ketika ditanya apabila ada partai di luar Gerindra yang mendorongnya menjadi capres atau cawapres.

Berkaca pada pengalaman sebelumnya, Sandiaga yakin partai mempertimbangkan aspirasi masyarakat siapa yang bakal diusung sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

"Saya sendiri dibesarkan Gerindra, saya yakin Pak Prabowo mendengar masukan dari masyarakat, jadi politik kita semakin matang semakin dinamis dan membuka ruang dan peluang agar di 2024 pemilihan dari calon yang akan berlaga dan berkontestasi itu akan merepresentasikan harapan pemulihan ekonomi dan tentunya perbaikan kesejahteraan masyarakat," kata mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini

Menurut Sandiaga, dinamika politik Pilpres 2024 masih berjalan. Dia menyerahkan dinamika tersebut kepada elite politik untuk menentukan calon presiden dan calon wakil presiden 2024.

"Bulan September tahun depan kan masih lama. Biarkan proses ini berjalan dan saya yakin komunikasi antar partai politik itu sangat cair," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut, dapat dukungan untuk maju di Pilpres 2024. Dukungan tersebut datang dari Kendal.

Ratusan masyarakat dan milenial Kab. Kendal mendeklarasikan Sandiaga Uno menjadi presiden di tahun 2024. Kegiatan deklarasi ini juga dihadirkan dengan beragam lomba dan bantuan sosial kepada masyarakat, Sabtu 25 Juni 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rakernas Gerindra

Partai Gerindra akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Agustus mendatang. Rakernas tersebut diagendakan akan membahas penentuan calon presiden (capres) dari Partai Gerindra.

"Kita akan rencanakan paling lambat Agustus sudah rakernas," kata Dasco, saat diwawancarai di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu Juni 2022.

Lebih lanjut, Dasco mengungkapkan, Rakernas tersebut juga dikabarkan akan melakukan deklarasi Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024. 

"Kira-kira begitu (deklarasi), kita akan meminta jawaban dari Pak Prabowo untuk meminta kesiapan maju dari Gerindra," ucapnya. 

Sebelumnya, beberapa wilayah kader Partai Gerindra sudah melakukan deklarasi mendorong Prabowo untuk maju sebagai capres 2024  

Terbaru, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Medan bersama masyarakat menggelar deklarasi dukungan kepada Ketua Umum Prabowo Subianto untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024. Deklarasi tersebut dipimpin oleh Ketua DPC Gerindra Kota Medan sekaligus anggota DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.