Top 3 News: Mengetahui Niat dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Oleh Devira PrastiwiLiputan6.com pada 05 Jul 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 08:00 WIB
[Bintang] Ini Niat Puasa Dzulhijjah 2018
Perbesar
Niat puasa Dzulhijjah. (Ilustrasi: Pexels.com/Tayeb Mezahdia)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait puasa Dzulhijjah yang biasanya dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha. Puasa ini merupakan ibadah yang dianjurkan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Selain puasa Dzulhijjah, ada pula puasa Tarwiyah dan Arafah yang bisa dilakukan. Ketiga amalan puasa tersebut merupakan amalan yang dapat dilakukan dari awal bulan Dzulhijjah hingga sebelum Hari Raya Idul Adha.

Ibadah puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah ini dapat dilakukan selain melaksanakan ibadah haji, kurban, dan tentunya Salat Idul Adha.

Kemudian, mengawali pekan ini, Senin 4 Juli 2022, aturan ganjil genap di Ibu Kota Jakarta kembali diberlakukan. Tidak semua ruas jalan di Jakarta berlakukan ganjil genap.

Saat ini, total ada 26 titik ganjil genap yang berlaku di jalanan Ibu Kota Jakarta. Sebelumnya hanya ada 13 titik, setelah diperluas 13 maka menjadi total 26.

Sanksi tilang pun kini juga telah diterapkan di keseluruhan 26 wilayah titik ganjil genap Jakarta sejak Senin 13 Juni 2022 lalu, usai sosialisasi pada Senin 6 Juni hingga Minggu 12 Juni 2022.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah soal langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menutup sejumlah outlet Holywings.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, jelang tahun politik dan Pemilu 2024, gerak para bakal calon selalu menjadi perhatian, termasuk yang dilakukan Anies tersebut.

Meski kebijakan penutupan Holywings ini bisa menjadi isu yang sensitif secara politik, namun Adi melihat bahwa langkah ini bisa dipandang posisi Anies sebagai Capres yang agamis.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 4 Juli 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Niat dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah Jelang Idul Adha

Bacaan Niat Puasa Rajab Beserta Hukum dan Keutamaannya
Perbesar
Ilustrasi Berpuasa Credit: pexels.com/Hint

Puasa Dzulhijjah biasanya dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha. Puasa ini merupakan ibadah yang dianjurkan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah memang penuh keistimewaan. Bulan terakhir yang ada dalam penanggalan Hijriah ini penuh dengan kesempatan untuk mendapatkan pahala.

Selain puasa Dzulhijjah, ada pula puasa Tarwiyah dan Arafah yang bisa dilakukan. Ketiga amalan puasa tersebut merupakan amalan yang dapat dilakukan dari awal bulan Dzulhijjah hingga sebelum Hari Raya Idul Adha.

Ibadah puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah ini dapat dilakukan selain melaksanakan ibadah haji, kurban, dan tentunya Salat Idul Adha.

Pada 7 hari pertama bulan Dzulhijjah disebut juga puasa Dzulhijjah, hari ke-8 merupakan puasa Tarwiyah, dan hari ke-9 merupakan puasa Arafah. Amalan puasa Dzulhijjah juga merujuk pada sabda Rasulullah SAW:

"Tidak ada hari di mana amal salih padanya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yakni 10 hari pertama Dzulhijjah. Para sahabat bertanya, 'Tidak juga dari jihad fi sabilillah?' Beliau menjawab, 'Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya, lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya."

 

Selengkapnya...


2. Simak 26 Titik Ganjil Genap Jakarta Hari Ini Senin 4 Juli 2022

Pemberlakuan Sanksi Tilang Pelanggar Ganjil Genap
Perbesar
Petugas kepolisian menilang pengendara mobil yang melanggar aturan ganjil genap di Jalan MT Haryono, Jakarta, Kamis (28/10/2021). Para pelanggar sistem ganjil genap dikenakan sanksi tilang berupa denda maksimal Rp500 ribu. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Peraturan ganjil genap di jalanan Jakarta kembali berlaku di awal pekan hari ini, Senin 4 Juli 2022. Meski begitu, tidak semua ruas jalan di Jakarta berlakukan ganjil genap.

Saat ini, total ada 26 titik ganjil genap yang berlaku di jalanan Ibu Kota Jakarta. Sebelumnya hanya ada 13 titik, setelah diperluas 13 maka menjadi total 26.

Selain itu, aturan ganjil genap Jakarta tersebut juga sejalan dengan kembali diperpanjangnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa-Bali.

Seperti diketahui, PPKM yang biasa diberlakukan selama dua pekan, kini berlangsung sebulan ke depan, yaitu mulai 7 Juni hingga 4 Juli 2022.

Sanksi tilang pun kini juga telah diterapkan di keseluruhan 26 wilayah titik ganjil genap Jakarta sejak Senin 13 Juni 2022 lalu, usai sosialisasi pada Senin 6 Juni hingga Minggu 12 Juni 2022.

Sama seperti hari-hari sebelumnya, jadwal aturan penerapan gage di jalanan Jakarta terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Sementara sore hari berlaku pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

 

Selengkapnya...


3. Penutupan Holywings, Menguatkan Citra Politik Anies ke Kelompok Agama

Izin Usaha Kafe Holywings Dicabut
Perbesar
Warga melintas di samping outlet Holywings Epicentrum di Kuningan, Jakarta, Selasa (28/6/2022). Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) DKI Benny Agus Chandra mengatakan, izin isaha 12 kafe Holywings dicabut setelah ditemukan sejumlah pelanggaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, jelang tahun politik dan Pemilu 2024, gerak para bakal calon selalu menjadi perhatian, termasuk salah satunya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menutup sejumlah outlet Holywings.

"Artinya soal penutupan Holywings itu multitafsir. Kalau tadi kan perspektif politik, jelas, salah satunya upaya untuk menyenangkan kelompok-kelompok (agama)," kata Adi dalam diskusi Total Politik, di Jakarta, Minggu 3 Juli 2022.

Meski kebijakan penutupan Holywings ini bisa menjadi isu yang sensitif secara politik, namun Adi melihat bahwa langkah ini bisa dipandang posisi Anies sebagai Capres yang agamis.

"Anies misalnya menyenangkan pendukungnya, ya oke. Tapi ini menebalkan keyakinan Anies begitu dekat dengan agama," ujarnya.

Pasalnya, lanjut Adi, dari sisi politik, susah rasanya bila membawa sosok Anies sebagai kandidat yang berposisi di tengah atau moderat. Lantaran, latar belakang afiliasi Kelompok Islam dalam kemenangan di Pilgub lalu sangat kuat.

 

Selengkapnya...

INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia (Liputan6.com / Triyasni)
Perbesar
INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia (Liputan6.com / Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya