Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Dinilai Tepat Jadi Menpan RB Gantikan Tjahjo Kumolo

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 04 Jul 2022, 15:33 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 15:33 WIB
5 Perintah Megawati ke Kader PDIP Jelang Pencoblosan
Perbesar
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto memberi keterangan terkait Pemilu 2019 saat jumpa pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (16/4). Kelima, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan jajarannya memenangkan pilpres dan pileg sebagai satu tarikan napas perjuangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) kosong sejak ditinggal Tjahjo Kumolo yang berpulang ke Rahmatullah pada Jumat (1/7/2022) lalu. Kekosongan kursi menteri saat ini masih diisi oleh Menko Polhukam Mahfud Md sebagai menteri ad interim.

Walhasil, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam waktu dekat seharusnya dapat mendapuk seseorang untuk mengemban jabatan Menpan RB  agar kabinetnya dapat kembali stabil.

Terkait hal ini, Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing melihat sosok Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pantas menggantikan posisi Tjahjo Kumolo.

Selain sesama kader terbaik PDIP yang berpengalaman sebagai Sekjen, Hasto diyakini memiliki keahlian yang mumpuni dalam menjalankan organisasi.

"Menurut hemat saya, Hasto Kristiyanto orang yang paling tepat. Sebab, kedua sosok ini sama-sama administratur dan penggerak ulung berjalannya roda organisasi," kata Emrus dalam kicauan di akun Twitter pribadinya, seperti dikutip Senin (4/7/2022).

Sebagai informasi, pemerintah sampai hari ini mengaku belum membahas tentang sosok pengganti almarhum Tjahjo Kumolo di Kabinet Indonesia Maju. Hal itu disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Tidak ada pembicaraan, dan kita masih dalam suasana duka. Jadi agak kurang elok membicarakan hal tersebut," kata Airlangga, Senin (4/7/2022).

Namun secara terpisah, Menko Polhukam Mahfud Md meyakini jika nama pengganti almarhum Tjahjo Kumolo di pemerintahan sudah dikantongi. Kini tinggal menunggu suasana berkabung lewat untuk diumumkan.

"Pak Jokowi pasti sudah tahu dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu bela sungkawa," kata Mahfud kepada wartawan.

 


Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Raker dengan Komisi II DPR
Perbesar
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (8/4/2021). Dalam rapat tersebut membahas mengenai pandangan pemerintah atas penjelasan DPR terkait RUU tentang ASN serta pembentukan Panja RUU tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Diberitakan sebelumnya, Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif selama sepekan di RS Abdi Waluyo Jakarta.

Tjahjo mengembuskan napas terakhirnya pada Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo akibat infeksi yang menyebar ke paru-paru.

Tjahjo Kumolo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan di hari yang sama.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya