Sukses

Pemerintah Akan Jadikan Vaksinasi Booster Syarat Berbagai Kegiatan dan Perjalanan

Pemerintah mengakui capaian vaksinasi booster atau dosis ketiga di Indonesia masih rendah. Karena itu diperlukan inovasi untuk menggenjot pencapaian vaksinasi booster.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan menjadikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau penguat (booster) sebagai syarat untuk berbagai kegiatan dan perjalanan. Nantinya, pemerintah akan menyiapkan vaksinasi booster di bandara.

"Tentunya dosis ketiga ini akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan juga untuk berbagai perjalanan," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada wartawan di Kantor Presiden Jakarta, Senin (4/7/2022).

"Jadi tadi arahan Bapak Presiden untuk airport disiapkan vaksinasi dosis ketiga," sambungnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui saat ini capaian vaksinasi booster di Indonesia masih sedikit. Menurut dia, banyak masyarakat yang menganggap telah memiliki imun kuat karena sudah divaksin dua kali.

Padahal, kata Budi, khasiat vaksinasi akan mulai menurun usai enam bulan setelah penyuntikan. Untuk itu, masyarakat diminta segera mendapatkan vaksinasi booster agar kembali mendapatkan perlindungan dan tercegah dari penyebaran Covid-19.

"Hati-hati itu (booster) tidak ada buruknya. Disuntik itu apa sih, kalau saya sih mending disuntik daripada dicolok PCR karena hidungnya kan enggak enak sekali. Suntik ini kan sekali dalam enam bulan. Kita lakukan ini untuk kehati-hatian dan sangat bermanfaat," kata Budi.

Dia menyadari bahwa dibutuhkan cara-cara khusus agar masyarakat Indonesia mau divaksin booster. Budi menuturkan Presiden Jokowi memerintahkan agar dilakukan suatu pendekatan khusus agar masyarakat mau vaksinasi booster.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arahan Jokowi untuk Tingkatkan Vaksinasi Booster

"Bapak presiden juga sadar bahwa orang Indonesia juga ada cara-cara khususlah untuk bisa terpacu agar mau booster. Sama seperti dulu, mau divaksinasi orang tua susah sekali. Tapi begitu masuk mal mesti divaksinasi, orang tua mau semua," ucap Menkes Budi.

"Orang Indonesia kan perlu pendekatan-pendekatan sosial yang inovatif seperti itu. Jadi mungkin arahan beliau cari pendekatan-pendekatan sosial yang inovatif agar msyarakat Indonesia jadi semangat dibooster kembali," sambung dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya untuk meningkatkan capaian vaksinasi booster Covid-19, khususnya di daerah-daerah dengan tingkat interaksi tinggi. Pasalnya, kata Jokowi, capaian vaksinasi booster di Indonesia saat ini baru 24,5 persen.

"Saya kira ini terus kita dorong, saya minta Kapolri, Panglima TNI, dan juga Kemenkes, dan BNPB untuk mendorong terus agar vaksinasi booster bisa dilakukan terutama di kota-kota yang memiliki interaksi antarmasyarakatnya tinggi," ujar Jokowi Jokowi dalam rapat terbatas Evaluasi PPKM di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.