240 Kloter Jemaah Calon Haji Indonesia Sudah Tiba di Makkah

Oleh Mevi Linawati pada 04 Jul 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 06:00 WIB
Jemaah haji tiba di Makkah pada Jumat (24/6/2022). (Foto: Liputan6.com/ Mevi Linawati)
Perbesar
Jemaah haji tiba di Makkah pada Jumat (24/6/2022). (Foto: Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Liputan6.com, Jakarta Dua kloter terakhir jemaah calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi pada Minggu (3/7/2022). Dengan demikian, sudah ada 240 kloter yang sudah tiba di Kota Makkah.

"Alhamdulillah, kita bersyukur kehadirat Allah, 240 kloter sudah tiba di Kota Makkah, dengan ini seluruh kloter sudah tiba dengan jumlah jemaah 92.668 jemaah dan petugas," ujar Kepala Daker Kerja Makkah Mukhammad Khanif di Makkah, Minggu.

Dua kloter dari Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS) dan Embarkasi Solo (SOC) menjadi kloter yang terakhir tiba di Kota Makkah pada Minggu 3 Juli. Jemaah dari SOC tiba di Hotel Kiswah 401 dan 402, Jarwal, Makkah sekitar pukul 15.30 WIB. Kedatangan jemaah SOC 43 ini menandai berakhirnya kedatangan jemaah reguler.

"Ke depan kita akan terus berikan pelayanan terkait akomodasi, konsumsi, dan transportasi jemaah haji. Untuk nanti perjalanan puncak ke Arafah kita berharap jemaah haji dapat menyiapkan diri untuk menjaga kebugaran tubuh untuk laksanakan puncak haji," kata dia.

Khanif mengatakan, bagi jemaah yang baru tiba di Makkah akan melaksanakan umrah wajib yang nanti akan difasilitasai transportasi bus shalawat. Operasional bus shalawat terakhir pada besok.

"Jadi besok terakhir layanan bus salawat, kemudian kita akan menunggu perjalanan atau pemberangkatan ke Arafah. Dalam masa menunggu ini kita berharap para jemaah haji menyiapkan diri untuk menjaga kesehatan badan, untuk laksanakan puncak ibadah haji," kata dia.

 


Adakan Pertemuan

Khanif menambahkan, tanggal 5 akan mengadakan pertemuan dengan seluruh petugas haji, baik itu petugas kloter maupun non kloter, untuk memberikan semangat kepada para petugas untuk tetap bersemangat memberikan pelayanan kepada para jemaah haji.

Sementara itu, Kepala Sektor 4 dari Daker Makkah Ahmad Ridani mengatakan, 66 kloter telah tiba seluruhnya. Dia bersyukur kedatangan jemaah berjalan lancar sesuai dengan jadwal kedatangan.

"Dan kami bersyukur lagi karena semua teman-teman tetap dalam kondisi prima, tetap kompak, semangat tak pernah putus," kata dia.

Ahmad menjelaskan, fokus berikutnya kepada jemaah adalah bimbingan ibadah sampai menjelang keberangkatan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

"Jadi jadwal-jadwal bimbingan ibadah terus dilakukan kemudian dari sisi akomodasi juga kita terus layanan sesuai dengan SOP yang ditentukan," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya