Anies: Ruang Publik di Jakarta Hadirkan Interaksi Warga, Bahkan dari Citayam

Oleh Winda Nelfira pada 03 Jul 2022, 15:25 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 15:25 WIB
Pemprov DKI Akan Bangun 200 Taman Maju Bersama hingga Tahun 2022
Perbesar
Suasana Taman Maju Bersama (TMB) Assakinah di kawasan Kebagusan, Jakarta, Kamis (27/2/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membangun 200 TMB hingga tahun 2022 untuk memenuhi target 30 persen ruang terbuka hijau (RTH) di wilayah Ibu Kota. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, pihaknya telah menghadirkan pembangunan ruang publik di berbagai penjuru Ibu Kota.

Menurut Anies, pembangunan ruang publik ini mampu mengundang interaksi antarwarga Jakarta, bahkan hingga warga dari luar DKI, salah satunya Citayam.

"Ruang ketiga yang mengundang interaksi warga, tidak hanya dari Jakarta saja, bahkan dari Citayam," kata Anies dikutip melalui akun resmi Instagram @aniesbaswedan, Minggu (3/7/2022).

Dalam postingan ini, Anies mengunggah sejumlah foto pemenang kompetisi foto dan video bagi para pelajar SMP/SMA sederajat di Jabodetabek. Lomba diadakan dengan mengusung tema Pesona Baru Jakarta: Karya Pelajar untuk Dunia.

Anies menyambut baik diadakannya kompetisi fotografi dan videografi dengan kategori public space ini. Selain itu, dia turut mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS dan Alumni SMA Negeri 7 Jakarta tersebut.

"Kompetisi ini diselenggarakan oleh OSIS dan Alumni SMA Negeri 7 Jakarta yang berkolaborasi bersama Jakarta Content Creator Community (JCCC), Pemprov DKI Jakarta, dan BUMD," tulis Anies Baswedan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-495 Kota Jakarta. Acara itu sekaligus mempromosikan destinasi atau titik-titik baru yang menarik di Jakarta.

"Melalui kompetisi ini, kita dapat menunjukkan kepada Indonesia dan dunia bahwa Jakarta adalah kota global yang memiliki banyak destinasi/titik-titik baru yang penuh warna disertai dinamika kehidupan masyarakatnya yang sayang jika tidak diabadikan dalam tangkapan lensa fotografi dan videografi," beber Anies.

Anies berharap agar kompetisi foto dan video ini dapat menjadi pemantik bagi para pelajar untuk lebih termotivasi dalam berprestasi.

"Semoga kompetisi ini menjadi langkah awal untuk menjejakkan karya terbaik lainnya hingga mendunia," ujar dia.

 


Fenomena Citayam Fashion Week

Fenomena Citayam Fashion Week di Stasiun Kereta Bandara Sudirman
Perbesar
Fenomena Citayam Fashion Week di Stasiun Kereta Bandara Sudirman. foto: TikTok @radita.pradana  

Belum lama ini, jagad maya diramaikan dengan istilah 'Citayam Fashion Week'. Istilah tersebut dipopulerkan oleh sosok kreator konten TikTok, radita.pradana.

Dalam unggahan TikToknya, terlihat sejumlah muda-mudi yang diketahui berasal dari daerah Citayam dan Bojonggede ini pamer outfit kekinian berbalut dengan kaus distro lokal beraneka motif.

Konten tersebut dibuat dengan latar belakang lagu Gucci Gang dari Lil Pump. Video berdurasi 1.30 menit itu menampilkan sejumlah remaja yang berkumpul di taman kawasan Dukuh Atas, Sudirman, termasuk di Terowongan Kendal.

Sehingga kawasan Sudirman kini mulai identik dengan keberadaan ABG dari daerah Citayam dan Bojonggede. Pemuda-pemudi dari kedua daerah tersebut kerap nongkrong di Stasiun BNI City dengan gaya berpakaian nyentrik yang tentu menjadi pusat perhatian publik yang melintas di lokasi.

Infografis Penyebab Buruknya Kualitas Udara di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Penyebab Buruknya Kualitas Udara di Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya