Hanya karena Punya Mobil Sama, 3 Pemuda Tak Saling Kenal Lakukan Balap Liar di Jakpus

Oleh Ady Anugrahadi pada 02 Jul 2022, 10:15 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 11:21 WIB
Remaja yang diamankan Polresta Pekanbaru karena melakukan balapan liar.
Perbesar
Remaja yang diamankan Polresta Pekanbaru karena melakukan balapan liar. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Jakarta Polisi menangkap tiga orang pelaku balap liar, mereka AD (25), RJ (22), dan ARR (22). Mereka terekam kamera melakukan balapan di ruas Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, (24/6/2022) lalu.

"Kita melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan tiga kendaraan berikut pengemudinya," kata Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Rusdy Pramana Suryanagara saat konferensi pers, Sabtu (2/7/2022).

Rusdy menerangkan, pihaknya telah mempelajari rekaman CCTV di sekitar lokasi. Beberapa pengguna jalan dimintai keterangan sebagai saksi. Hasil penyelidikan, mengarah kepada ketiga kendaraan.

Rudy mengatakan, telah memeriksa ketiga orang pengemudi kendaraan. Berdasarkan pemeriksaan, ketiga pelaku balap liar tidak saling mengenal.

"Kebetulan lewat saja. Orang ini begitu sampai di lokasi melihat jenis kendaraan yang sama kemudian saling memanas-manasi sehingga mereka akhirnya melakukan balap-balapan," ujar dia.

Atas perbuatanya, ketiga orang pelaku dijerat Pasal 297 jo Pasal 115 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Kita tidak melakukan penahanan. Kami kenakan denda tilang, nanti diputuskan di sidang pengadilan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tidak Tegas Balap Liar

Kasudbit Gakkum Ditalantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal mengingatkan akan menindak secara tegas siapapun yang berani mencoba melakukan balap liar di jalan raya, khususnya di jalur-jalur protokol.

"Apalagi itu sempat viral dan menyita perhatian publik kemanapun kita akan cari, telusuri dan kita tangkap. itu sebagai imbauan agar kejadian ini tidak terulang lagi," tandas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya