Jokowi Takziah ke Kediaman Almarhum Tjahjo Kumolo

Oleh Delvira Hutabarat pada 02 Jul 2022, 08:51 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 08:51 WIB
Jokowi
Perbesar
Presiden Jokowi dan Iriana Joko Widodo bertakziah ke rumah duka almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu, 2 Juli 2022. (Biro Pers/Setpres)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo bertakziah ke rumah duka almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, di Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu, 2 Juli 2022.

Tiba sekitar pukul 07.22 WIB, Jokowi disambut oleh istri Tjahjo, Erni Guntarti, beserta anak-anaknya, yakni Rahajeng Widyaswari, Karunia Putri Pari Cendana, dan menantunya Detri Warmanto. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kemudian berbincang dengan keluarga almarhum.

Setelah berbincang sekaligus mendoakan almarhum, Jokowi berpamitan dan kemudian meninggalkan rumah duka.

Jokowi mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana. Menurut Presiden, Tjahjo Kumolo juga merupakan seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati.

"Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara," ujar Presiden saat menyampaikan belasungkawa di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, Jumat (1/7/2022) kemarin.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat bertakziah yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung beserta Ibu Endang Nugrahani.

Diketahui, Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal hari Kamis (1/7) sekitar pukul 11.10 WIB. Hal itu disampaikan oleh politisi PDIP Junimart Girsang.

"Ya, tadi jam 11.10 di RS Abdi Waluyo," ujar Junimart saat dihubungi merdeka.com.

Sebelumnya, Tjahjo sempat mendapat perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu di RS Abdi Waluyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tidak Koma

Sekretaris Kementerian PAN-RB Rini Widyantini menjelaskan, kondisi politikus PDI Perjuangan itu tidak koma. Tapi harus menjalani perawatan intensif.

"Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit," kata Rini dalam keterangannya, Jumat (24/6).

Dia menegaskan, Menteri Tjahjo masih sadarkan diri. Namun memang harus dirawat intensif. Namun, Kemenpan-RB belum dapat menjelaskan penyakit yang dialami oleh Tjahjo.

"Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," jelasnya.

Rini meminta didoakan agar Tjahjo bisa segera sembuh.

"Kami mohon doa dari Bapak dan Ibu sekalian, teman-teman media dan seluruh masyarakat Indonesia terkait kondisi kesehatan Bapak Tjahjo Kumolo. Semoga beliau segera membaik. Berikut yang dapat kami sampaikan hingga saat ini," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya