Top 3 News: Kabar Duka Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Oleh Devira PrastiwiAndry HaryantoFachrur RozieLizsa Egeham pada 02 Jul 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 08:00 WIB
FOTO: Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo Dihadiri Sejumlah Tokoh
Perbesar
Anggota TNI mengiringi jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menuju lokasi pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7) sekitar pukul 11.10 WIB. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait kabar duka yang datang dari pemerintah. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat 1 Juli 2022.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah sebelumnya sempat dirawat intensif di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Menteng, Kota Jakarta Pusat (Jakpus).

Dikabarkan, Tjahjo meninggal dunia sekitar pukul 11.10 WIB. Sebelum tutup usia, kondisi kesehatan politikus PDIP itu memang tengah menurun. Hal itu disampaikan Sekretaris Menpan RB Rini Widyantini.

Bahkan Rini mengatakan, untuk sementara waktu kinerja Tjahjo Kumolo akan digantikan oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.

Kemudian, akhirnya pada Kamis 30 Juni 2022, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin.

Usai pertemuan dengan Putin, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia tak memiliki kepentingan apapun dan hanya ingin perang antara Rusia vs Ukraina segera selesai.

Jokowi menekankan, isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Untuk itulah, Jokowi bertemu dengan Presiden Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah soal Rizki Ikmi Aryanto (21), tersangka dugaan pembunuhan rupanya sempat salat dan berinfak R 500 ribu ke masjid usai membunuh Aples Bagus Trion Langgeng (21).

Hal tersebut diungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. Menurut Zulpan, setelah membunuh dan membuang korban ke Kali Pesanggrahan, Rizki langsung menunaikan ibadah salat subuh.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 1 Juli 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Raker dengan Komisi II DPR
Perbesar
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (8/4/2021). Dalam rapat tersebut membahas mengenai pandangan pemerintah atas penjelasan DPR terkait RUU tentang ASN serta pembentukan Panja RUU tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah sebelumnya dirawat intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo.

"Allahumaghfir lahu warhamhu wa'āfihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzülahu waj'alijannata matswāh. Al-Fātihah. Telah kembali keharibaan Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Memiliki HambaNya. Bapak Tjahjo Kumolo, Menteri PAN dan RB," kutip Liputan6.com dari kabar yang beredar di pesan singkat, Jumat 1 Juli 2022.

 Tjahjo Kumolo meninggal sekitar pukul 11.10 WIB.

Seperti diketahui, Tjahjo Kumolo harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Kondisi kesehatan politikus PDIP itu tengah menurun.

"Betul Bapak Menpan RB Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Beliau tidak koma, tapi harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," ujar Sekretaris Menpan RB Rini Widyantini dalam keterangannya, Jumat 24 Juni 2022.

Rini mengatakan, untuk sementara waktu kinerja Tjahjo Kumolo akan digantikan oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.

"Betul, Pak Menko menjadi Menpan RB ad interim," kata dia.

 

Selengkapnya...


2. Di Depan Putin, Jokowi Tegaskan Indonesia Tak Punya Kepentingan Apapun, Hanya Ingin Perang Selesai

Presiden Jokowi Bertemu Vladimir Putin
Perbesar
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. (FOTO: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis 30 Juni 2022. Jokowi menegaskan bahwa Indonesia tak memiliki kepentingan apapun dan hanya ingin perang segera selesai.

"Saya sampaikan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai," kata Jokowi usai pertemuan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut dia, Indonesia ingin rantai pasok pangan pupuk energi dapat segera diperbaiki. Pasalnya, hal ini menyangkut kehidupan ratusan juta hingga miliaran manusia di dunia.

"Pangan dan pupuk adalah masalah kemanusiaan, merupakan kepentingan masyarakat dunia dan ratusan juta orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk terutama di negara-negara berkembang," ujarnya.

Jokowi menekankan bahwa isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Untuk itulah, Jokowi bertemu dengan Presiden Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

"Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia," ucap Jokowi.

 

Selengkapnya...


3. Usai Bunuh dan Buang Jenazah, Rizki Salat Subuh dan Infak Rp500 Ribu ke Masjid

Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)
Perbesar
Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)

Rizki Ikmi Aryanto (21), tersangka pembunuhan rupanya sempat salat dan berinfak R 500 ribu ke masjid usai membunuh Aples Bagus Trion Langgeng (21).

Hal tersebut diungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. Menurut Zulpan, setelah membunuh dan membuang korban ke Kali Pesanggrahan, Rizki langsung menunaikan ibadah salat subuh.

"Setelah tersangka membuang korban ke kali, kemudian tersangka kembali ke mess untuk mandi dan melakukan salat subuh di masjid. Saat di masjid tersangka menginfakkan uang korban sebesar Rp500 ribu ke kotak amal," ujar Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 30 Juni 2022.

Bukan hanya itu, Rizki ternyata juga menyempatkan diri menservis sepeda motor Yamaha Aerox miliknya yang digadai kepada korban. Seusai itu dia melarikan diri ke daerah Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Setelah selesai melakukan servis tersangka membawa motor korban ke daerah Bogor dan meyewa hotel Airy dengan harga Rp 185 ribu," kata Zulpan.

Terungkap misteri jasad pria tanpa identitas yang mengambang di Kali Pesanggrahan, Kebayoran Lama Jakarta Selatan pada Selasa siang 28 Juni 2022. Korban atas nama Aples Bagus Trion Langgeng yang diduga tewas akibat dibunuh.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyampaikan, pihaknya telah berhasil menangkap seorang berinisial MRIA (18), diduga sebagai pembunuh korban.

 

Selengkapnya...

Infografis Hasil Pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin di Kremlin. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Hasil Pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin di Kremlin. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya