Menpan RB Tjahjo Kumolo Wafat, Ma'ruf Amin: Kita Kehilangan Orang Baik

Oleh Nanda Perdana Putra pada 01 Jul 2022, 17:21 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 17:27 WIB
Bahas Pemenangan Pilpres 2019, Megawati hingga Ma'ruf Amin Hadiri Rakornas PDIP
Perbesar
Bakal calon wakil presiden Ma'ruf Amin (kanan) didampingi Mendagri Tjahjo Kumolo saat menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (1/9). Rakornas membahas pemenangan Pilpres 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melayat ke almarhum Menpan RB Tjahjo Kumolo sekaligus memimpin salat jenazah di Kantor Kemenpan RB, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, dia turut menyampaikan belasungkawa.

"Kita kehilangan orang baik, orang yang selama ini mengabdi kepada bangsa dan negara sejak beliau sebelumnya juga menjadi Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara," tutur Ma'ruf di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Dia menyebut, Tjahjo yang memang dibawahi langsung olehnya terkait koordinasi masalah seputar reformasi birokrasi, selalu bekerja siang malam melakukan berbagai langkah-langkah dan strategi reformasi birokrasi dalam membangun sistem perubahan besar.

"Tapi Allah sudah menghendaki beliau sampai di sini, karena itu kita doakan mudah-mudahan diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala dan kita yakin beliau orang baik dan jasanya kepada bangsa dan negara," kata Ma'ruf.

 


Memimpin Salat

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi imam salat jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo di Masjid Quba Kemenpan RB.

Maruf Amin yang baru saja tiba dari NTB terlihat masuk ke barisan depan para calon jemaah salat jenazah, yang kemudian berdiri di posisi imam di Masjid Quba Kemenpan RB.

Jenazah Tjahjo sendiri diberangkatkan dari rumah duka di Widya Chandra, Jakarta Selatan sekitar pukul 15.51 WIB. Jasad Tjahjo dibawa ke kantor Kemenpan RB untuk disalatkan.

Jenazah kemudian tiba di Kemenpan RB sekitar pukul 16.05 WIB. Kedantangan jenazah sudah ditunggu sejak tadi oleh para pegawai Kemenpan RB.

Tak lama kemudian, peti jenazah yang balut bendera Merah Putih ini diantar menuju Masjid Quba Kemenpan RB untuk kemudian disalatkan. Peti digotong oleh prajurit TNI berbaret merah.

Sesampainya di halaman masjid, peti jenazah langsung diserahkan kepada para pegawai Kemenpan RB yang kemudian menggotong dan menaruhnya di barisan depan dalam masjid.

 


Sosok Seorang Ayah

Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini menyebut, Tjahjo Kumolo bukan hanya sebagai pemimpin, namun layaknya seorang ayah bagi para pegawai.

"Pak Tjahjo itu adalah sosok pimpinan yang bijak, dan beliau melakukan leadership, beliau itu pendekatan kekeluargaan, dan setiap persoalan-persoalan dapat diselesaikan dengan cepat dan sigap. Dan kami semua seluruh pegawai Kementerian PAN-RB merasa kehilangan sosok yang begitu baik dan sosok yang betul-betul seperti ayah kami sendiri karena beliau sangat-sangat-sangat memperhatikan seluruh pegawai," kata dia.

Rini Widyantini menyebut rencananya Menpan RB Tjaho Kumolo langsung akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Menurut Rini, hal itu sudah menjadi permintaan keluarga.

"Sebelum salat ashar, segera, karena pihak keluarga meminta," ujar Rini di Kemenpan RB, Jumat(1/7/2022).

Rini menyatakan atas nama Kemenpan RB dirinya memohon keikhlasan agar masyarakat mau memaafkan kesalahan yang pernah dilakukan Tjahjo Kumolo.

"Jadi saya atas nama keluarga besar Kemenpan RB memohonkan maaf atas segala kekhilafan atau kesalahan dari Bapak Tjahjo dan saya mohon keikhlasan dan doa agar pimpinan kami Bapak Tjahjo Kumolo husnul khatimah," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya