Sukses

Ucapan Duka Cita Berbagai Pihak Terkait Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia sekitar pukul 11.00 WIB pada hari ini, Jumat (1/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia sekitar pukul 11.00 WIB pada hari ini, Jumat (1/7/2022).

Tjahjo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu. Hal itu seperti disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang.

"Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, Tjahjo Kumolo sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB," kata Junimart, Jumat (1/7/2022).

Ucapan duka cita pun mengalir atas kepergian Tjahjo Kumolo. Salah satunya dari Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla atau JK.

"Innalillahi wainnailaihi raji'un. Dengan hati berduka kami menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Tjahjo Kumolo," ujar Jusuf Kalla dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Menurut JK, Tjahjo merupakan salah satu tokoh yang banyak berjasa kepada bangsa dan negara.

"Bapak Tjahjo Kumolo selama ini telah mengabdikan dirinya kepada negara dengan sangat baik," ucap Mantan Wapres ke-10 dan ke- 12 ini.

Selain itu, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat meminta doa agar Tjahjo Kumolo diterima di sisi Allah.

"Mohon doanya ya, semoga Almarhum diterima di sisinya," kata Djarot.

Tak hanya itu, Ketua DPR RI yang juga politikus PDIP Puan Maharani merasa kehilangan dengan meninggalnya Tjahjo Kumolo. Dia pun menyebut, almarhum seperti keluarga sendiri. Bahkan sering memanggil dengan sebutan om.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Saya sangat berduka. Pak Tjahjo sudah seperti keluarga sendiri. Saya memanggil beliau Om karena sudah kenal beliau sejak saya kecil sebagai teman orang tua saya. Bahkan anak-anak pun memanggil beliau dengan sebutan eyang," kata Puan.

Berikut sederet ucapan duka cita dari para tokoh atas wafatnya Menpan RB Tjahjo Kumolo dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. PDIP

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang mengatakan Tjahjo Kumolo wafat pada hari ini, Jumat, (1/7/2022) sekitar pukul 11.10 WIB.

"Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, Tjahjo Kumolo sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB," kata Junimart.

Kabar duka tersebut juga dibenarkan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.

"Benar (meninggal dunia) sekitar jam 11.00 di RS Abdi Waluyo," kata Djarot pada Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

Djarot mengaku belum mendapat detail informasi terkait penyebab kematian dan pemakaman rekan separtainya itu.

"Belum dapat informasi detail ya dari kelurga dan teman-teman," kata Djarot.

Djarot meminta doa agar Tjahjo Kumolo diterima di sisi Allah.

"Mohon doanya ya, semoga Almarhum diterima di sisinya," tutup Djarot.

Senada, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri beserta keluarga besar partai turut bercuka cita atas meninggalnya Menpan RB yang juga politikus senior partai berlambang banteng bermoncong putih, Tjahjo Kumolo.

"Ibu Megawati Soekarnoputri dan seluruh keluarga besar PDI Perjuangan mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya Mas Tjahjo Kumolo. Beliau salah satu kader terbaik," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Dia pun mengungkapkan, Tjahjo dikenal sebagai sosok pemimpin dengan kesabaran tinggi, santun, dan menampilkan kepemimpinan penuh semangat persahabatan dan menyatukan.

"Mas Tjahjo sosok yang legendaris karena menjadi anggota DPR RI selama enam periode; menjadi Sekjen PDI Perjuangan pada periode 2010-2015, hingga dipercaya sebagai Mendagri dan MenPAN RB. Almarhum juga sosok yang setia mendampingi Ibu Megawati Soekarnoputri," ungkap Hasto.

Bahkan, lanjut dia, selalu diajarkan berdedikasi ke Megawati oleh almarhum.

"Saya diajarkan oleh Mas Tjahjo bahwa berdedikasi pada Ibu Megawati harus menggunakan alam batin dan pikiran yang jernih, penuh dengan kejujuran dan kesetiaan," jelas Hasto.

Karenanya, perintah Megawati agar seluruh kader memberi penghormatan terbaik dan mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di kantor-kantor partai.

Selain itu, sambungnya, keluarga besar PDIP memberikan penghormatan terbaik dengan mendoakan Almarhum agar dilancarkan jalannya menghadap Tuhan Yang Maha Kasih dan Maha Penyayang, dan semoga husnul khotimah.

"PDI Perjuangan akan memberikan penghormatan dengan protokol partai. Selamat jalan Mas Tjahjo Kumolo, perjuangan Mas Tjahjo telah menjadi satu dan bersenyawa dengan seluruh kehidupan PDI Perjuangan," pungkas Hasto.

 

3 dari 8 halaman

2. PKB dan BKN

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, menyatakan duka cita mendalam atas berpulangnya Tjahjo Kumulo.

"Innalillahy wa Innalillahy rojiuun," tulis cak imin di akun twitter resminya @cakiminNOW pada Jumat (1/7/2022).

Cak Imin menyebut Tjahjo adalah sosok politikus panutan, senior dan sahabat baiknya. Meski berbeda partai, Cak Imin menyebut mereka berteman baik.

“Senior dan sahabat baikku.. Innalillahy wa Innalillahy rojiuun,” tulis Cak Imin.

Senada, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga turut berbela sungkawa atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo. Menteri Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) siang ini.

"Keluarga Besar Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Turut berdukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Tjahjo Kumolo," tulis Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama BKN, Satya Pratama.

"Semoga Almarhum diampuni segala dosa/khilafnya dan diterima seluruh amal ibadahnya, serta kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan dan kekuatan lahir & batin," ungkapnya.

 

4 dari 8 halaman

3. Gubernur Jatim dan Jateng

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa turut berduka atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

"Atas nama Pemprov Jawa Timur dan masyarakat Jawa Timur menyampaikan innalillahi wa inna ilaihi rajiun, mudah-mudahan seluruh amal ibadah beliau diterima oleh Allah dan khilafnya diampuni oleh Allah dan mudah-mudahan beliau dipanggil dalam keadaan husnul khatimah," ujar Khofifah, Jumat (1/7/2022).

Khofifah mengungkapkan, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat tadi pagi dan itu menjadi penanda kebaikannya.

"Dipanggil (Meninggal) Jumat pagi dan itu Insya Allah menjadi penanda kebaikan beliau yang sudah ditanam semasa beliau hidup di sangat banyak lini," ucapnya.

Khofifah mengaku dirinya berkawan dengan Tjahjo Kumolo sejak menjadi pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan kemudian sama-sama di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Beliau (Tjahjo Kumolo) Menteri Dalam Negeri, saya Menteri Sosial, kemudian beliau bersambung dengan posisi sebagai Menpan RB," ujarnya.

Menurut Khofifah, kunjungan kerja Tjahjo Kumolo selalu dilaksanakan dan dia selalu menyampaikan tidak perlu menunggunya.

"Itu artinya, beliau memberikan satu egalitarianisme bagi kami yang ada di daerah, itu luar biasa," ucapnya.

Khofifah menyebut, sosok Tjahjo Kumolo tidak hanya sekedar demokrat sejati tetapi beliau juga memberikan kesetaraan perlakuan bagi sangat banyak masyarakat.

"Pada saat beliau (Tjahjo Kumolo) jadi Mendagri, yang beliau sampaikan adalah unregister people, jangan sampai ada masyarakat yang tidak terregistrasi sehingga program-program perlindungan sosial tidak bisa diakses. Jadi, hatinya beliau pada perlakukan kesetaraan warga bangsa itu sangat kuat sekali," jelas Khofifah.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo juga turut berduka atas meninggalnya Menpan RB Tjahjo Kumolo.

“Selamat jalan Mas Tjahjo Kumolo. InsyaAllah panjenengan dapat tempat terbaik di sisi-Nya,” tulis Tjahjo lewat akun Instagram resminya @ganjar_pranowo.

Ganjar menyebut sosok Tjahjo adalah politikus yang berdedikasi di tiap jabatan yang ia pangku.

“Perjuangan dan dedikasi beliau pada negeri ini sangat luar biasa,” kata pria yang juga merupakan teman satu partai almarhum di PDIP.

Dalam sebuah wawancana dengan televisi nasional, Ganjar menceritakan sosok Tjahjo Kumolo yang bersahabat dengan siapa pun.

"Saya bersama Mas Tjahjo dalam banyak kegiatan cukup intens mulai dari kami sama-sama di DPR bersama Mas Bambang Pacul. Beliau (Tjahjo) orang yang sangat humble, menjadi pendenggar yang baik," kata dia.

Ganjar menyebut, banyak kenangan dirinya bersama dengan Tjahjo Kumolo. Dia menyebut, Tjahjo merupakan sosok yang bisa diterima oleh kalangan manapun.

Menurut Ganjar, Tjahjo Kumolo merupakan sosok politisi yang santun.

"Kesantunan dalam politik, dia miliki kesantunan politik yang luar biasa, saya belum pernah melihat wajahnya garang, saya enggak pernah melihat dia marah, dia orangnya tenang dan sangat santun dalam politik, makanya beliau sangat mudah diterima di mana pun," kata dia.

Ganjar mengaku masih mengingat ucapan Tjahjo terkait bagaimana menjadi politikus yang baik. Menurut dia, Tjahjo kerap meminta agar terus menghindari gesekan dalam dunia politik.

"Memberikan pesan khusus kepada saya tebtu tidak, tapi sering kali beliau ceritakan bagaimana dalam politik tidak saling menyakiti, kalau ada kejengkelan tahanlah masing-masing," tutup Ganjar.

 

5 dari 8 halaman

4. Mantan Wapres

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo. Tjahjo meninggal pada hari ini, Jumat (1/7/2022).

"Innalillahi wainnailaihi raji'un. Dengan hati berduka kami menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Tjahjo Kumolo," ujar Jusuf Kalla dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Menurut JK, Tjahjo merupakan salah satu tokoh yang banyak berjasa kepada bangsa dan negara.

"Bapak Tjahjo Kumolo selama ini telah mengabdikan dirinya kepada negara dengan sangat baik," imbuhnya.

Mantan Wapres ke-10 dan ke- 12 ini juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendoakan politisi PDI Perjuangan tersebut.

"Mari kita semua turut mendoakan almarhum, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT," ajak JK.

 

6 dari 8 halaman

5. Para Menteri

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Hal tersebut disampaikannya lewat akun Twitter pribadinya.

"Saya sedang di atas helikopter bersama Jaksa Agung Bapak Burhanuddin (dari Bandung menuju Jakarta) ketika mendapat kabar melalui WhatsApp bahwa Pak Tjahjo Kumolo wafat," tulis Mahfud lewat akun Twitternya, Jumat (1/7/2022).

Dia pun menyertakan doa dalam unggahannya untuk almarhum Tjahjo Kumolo. Dirinya bersaksi bahwa Politikus senior PDIP itu merupakan orang yang baik semasa hidupnya.

"Inna lillah wa inna ilaihi raji'un. Saya bersaksi bahwa Almarhum orang yang baik. Semoga Allah memberikan surga-Nya," kata Mahfud.

Senada, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Tjahjo Kumolo.

Ucapan belasungkawa itu Erick Thohir sampaikan dalam sebuah unggahan kebersamaannya dengan mendiang Tjahjo Kumolo, melalui platform Instagram.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Turut berduka cita atas meninggalnya MENPAN RB @kemenpanrb Tjahjo Kumolo," tulis Erick Thohir di Instagram, dikutip Jumat (1/7/2022).

Erick Thohir pun mengajak masyarakat untuk mendoakan mendiang Tjahjo Kumolo agar diterima amal ibadahnya dan husnul khotimah.

"Sama-sama kita doakan teman saya, semoga diterima amal ibadahnya dan husnul khotimah. Aamiin," tuturnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga merasa sangat kehilangan sejawatnya itu. Yaqut menilai sosok Tjahjo Kumolo sebagai panutan.

“Saya banyak belajar dari almarhum, baik sebagai sesama aktivis yang berkiprah dari Jawa Tengah, maupun sebagai politisi dan birokrat. Almarhum sosok yang pandai bergaul dan terbuka,” kenang Yaqut di Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Jumat (1/7/2022).

Yaqut memambahkan, kebersamaan dirinya dengan almarhum berjalan dua tahun bersama-sama di kabinet Presiden Joko Widodo. Yaqut mengaku cukup intensif berkomunikasi dengan almarhum, utamanya dalam konteks pelaksanaan reformasi birokrasi.

"Proses penyederhanaan birokrasi yang digawanginya menjadi legacy tentang bagaimana semestinya tata kepemerintahan dijalankan secara efektif dan efisien,” tutur dia.

Menag pun menyampaikan duka cita mendalam dan mendoakan agar almarhum dapat diterima di sisi-Nya.

"Saya sampaikan duka mendalam atas wafatnya Almarhum. Semoga amal ibadah almarhum diterima Allah Swt. Aamiin,” Yaqut mentup.

Selain itu, Kepergian Tjahjo Kumolo menjadi kehilangan bagi banyak pihak, salah satunya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Hal tersebut diungkapkan Airlangga lewat unggahan Instagramnya @airlanggahartarto_official.

"Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun. Saya menyampaikann dukacita mendalam atas wafatnya Bapak Tjahjo Kumolo (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi)," kata dia dikutip Jumat (1/7/2022).

Airlangga pun mengenang Tjahjo Komolo sebagai sosok pekerja keras sekaligus rendah hati.

"Sungguh kepergian yang membuat kita semua kehilangan. Beliau kita kenal sebagai pribadi bersahabat, pekerja keras, displin dan rendah hati," tutur Airlangga.

"Semoga almarhum mendapatkan tempat yang mulai di sisi Allah SWT. Aamiin YRA," tutup Airlangga Hartarto.

 

7 dari 8 halaman

6. DPR RI

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo pada Jumat, (1/7/2022) sekitar pukul 11.10 WIB.

"Innalilahi, turut berduka cita semoga yang bersangkutan diterima di sisi Tuhan," kata Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).

Dimata Sahroni, Tjahjo Kumolo merupakan orang yang baik. "Sedih ya. Beliau orang yang baik, orang yang santun, dengan junior dan senior friendly orangnya, sedih juga," ujarnya.

Bendahara Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini mengaku akan ke rumah duka sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji.

"Insya Allah ke sana (ke rumah duka) karena saya mau Haji juga, persiapan," tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPR RI yang juga politikus PDIP Puan Maharani merasa kehilangan dengan meninggalnya Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Dia pun menyebut, almarhum seperti keluarga sendiri. Bahkan sering memanggil dengan sebutan om.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Saya sangat berduka. Pak Tjahjo sudah seperti keluarga sendiri. Saya memanggil beliau Om karena sudah kenal beliau sejak saya kecil sebagai teman orang tua saya. Bahkan anak-anak pun memanggil beliau dengan sebutan eyang," kata Puan, Jumat (1/7/2022).

"Saya kehilangan salah satu senior yang berpengaruh bagi perjalanan karier politik saya sampai hari ini. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya untuk sanak keluarga yang ditinggalkan. Semoga beliau husnul khatimah," sambungnya.

Puan mengenang Tjahjo sebagai sosok senior di PDIP yang sederhana, tenang dan memiliki kecerdasan emosi serta spiritualitas yang tinggi.

"Saat PDI Perjuangan di luar pemerintahan, kebetulan Om Tjahjo Sekjen Partai sekaligus Ketua Fraksi di DPR. Sungguh ketenangan dan kematangan berpolitik Om Tjahjo sangat terlihat ketika kami yang kala itu berada di luar pemerintahan harus mengambil keputusan-keputusan penting," kata dia.

Puan juga mengenang bagaimana Tjahjo terus mendampinginya sewaktu dia menjabat Ketua Fraksi PDIP DPR pada 2012.

"Saat saya menggantikan tugas Om Tjahjo sebagai Ketua Fraksi, beliau tetap mendampingi saya di awal-awal. Bahkan ruangan beliau sengaja berhadap-hadapan dengan ruangan saya, agar selalu cepat koordinasi tentang sikap fraksi yang saat itu sangat krusial," tandas Puan.

 

8 dari 8 halaman

7. Presiden RI

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak bisa hadir dalam upacara pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo yang berpulang hari ini.

"Melalui Instagram pribadinya, dia memberi ucapan duka mengiringi kepergian Alharmhum Tjahjo.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, atas nama pemerintah, negara, dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya kuat dan tabah,” tulis Jokowi, seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

Di matanya, almarhum adalah seorang sosok panutan. Memiliki karakter sebagai pemuda dan politisi yang mengabdi untuk negara dan menutup akhir hayatnya saat menjabat amanah negara senagai menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Menpan-RB).

"Almarhum seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,' tutur Jokowi.

Sebagai informasi, saat ini Jokowi tengah berada dalam lawatan di luar negeri, tepatnya di Uni Emirat Arab. Jokowi mendengar kabar duka dari Tanah Air tentang berpulangnya Tjahjo Kumolo ke Rahmatullah di Jakarta pada hari Jumat pukul 11.10 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.