Sukses

Mensesneg Pratikno Jadi Inspektur Upacara Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata

Sekretaris Kementerian PAN-RB Rini Widyantini mengatakan, Tjahjo Kumolo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Kementerian PAN-RB Rini Widyantini mengatakan, Tjahjo Kumolo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Menurut Rini, akan bertindak sebagai Inspektur Upacara nantinya adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Akan menjadi irup di pemakaman taman makam pahlawan adalah Menteri Sekretaris Negara,” kata Rini dalam keterangan pers diterima, Jumat (1/7/2022).

Sebelum dibawa ke TMP Kalibata, almarhum Tjahjo Kumolo akan disalatkan di Masjid Quba Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta Selatan. Menurut Rini, akan ada seremoni resmi yang akan dihelat di Kantor Kemenpan-RB dengan bertindak sebagai inspektur upacara Menko Polhukam Mahfud Md.

“Menjadi Irup nanti di kantor menpan adalah bapak Menkopolhukam sebagai Menpan RB ad interim,” jelas Rini.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari yang lalu.

Tjahjo meninggal pada pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta pada Jumat (1/7/2022) akibat infeksi yang menyebar ke paru-paru. Hal ini diungkapkan oleh putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari di RS Abdi Waluyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Pranowo: Tjaho Kumolo Tak Pernah Keluhkan Penyakitnya

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo tak pernah mengeluhkan penyakitnya. Menurut Ganjar, Tjahjo lebih senang menceritakan soal hobi-hobinya.

"Beliau kerap membicarakan soal kesenangan, jarang sekali mengeluhkan penyakitnya. Hanya membicarakan soal kesenangan-kesenangan saja," ujar Ganjar dalam wawancara dengan televisi nasional, Jumat (1/7/2022).

Bahkan, Ganjar tak mengetahui soal kondisi kesehatan Tjahjo yang menurun. Ganjar mengetahui Tjahjo tengah sakit dan dirawat di RS Waluyo justru dari dokter yang merawat Tjahjo Kumolo.

"Dokter RS Waluyo menghubungi saya dan meminta doa agar Mas Tjahjo segera diberikan kesehatan. Di situ lah saya baru tahu kalau beliau sakit," kata Ganjar.

Ganjar pun menceritakan sosok Tjahjo Kumolo yang bersahabat dengan siapa pun. Menurut Ganjar, Tjahjo Kumolo merupakan sosok yang tidak pernah pilih-pilih harus berteman dengan siapa.

"Saya bersama Mas Tjahjo dalam banyak kegiatan cukup intens mulai dari kami sama-sama di DPR bersama Mas Bambang Pacul. Beliau (Tjahjo) orang yang sangat humble, menjadi pendenggar yang baik," ujar Ganjar.

Ganjar menyebut, banyak kenangan dirinya bersama dengan Tjahjo Kumolo. Dia menyebut, Tjahjo merupakan sosok yang bisa diterima oleh kalangan manapun.

Menurut Ganjar, Tjahjo Kumolo merupakan sosok politisi yang santun.

"Kesantunan dalam politik, dia miliki kesantunan politik yang luar biasa, saya belum pernah melihat wajahnya garang, saya enggak pernah melihat dia marah, dia orangnya tenang dan sangat santun dalam politik, makanya beliau sangat mudah diterima di mana pun," kata dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.