HUT Polri ke-76, Ma'ruf Amin Minta Polri Tingkatkan Kualitas Lewat Pendidikan

Oleh Nanda Perdana Putra pada 01 Jul 2022, 12:50 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 12:50 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Perbesar
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91, di Jakarta Concert Hall, Senin (28/10) malam.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun atau HUT Bhayangkara Polri ke-76 yang jatuh pada hari ini, Jumat (1/7/2022).

Dia berharap intitusi kepolisian dapat semakin meningkatkan kualitas para personelnya.

"Kepada Polri kita harapkan terus melakukan penertiban-penertiban, perbaikan-perbaikan, untuk para personelnya melalui pendidikan dan pelatihan yang mereka lakukan," tutur Ma'ruf di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dia tidak menampik masih adanya perkara yang berkaitan dengan ujaran kebencian hingga penodaan agama yang terjadi di masyarakat. Polri pun diharapkan dapat turut memberikan edukasi di setiap lini sampai dengan akar rumput.

"Kita ada batasan-batasan ya, ada yang sifatnya itu persuasif melalui bimbingan, tuntutan, tapi ada juga pada batas tertentu ada yang sifatnya law enforcement ditegakkan, tentu dilakukan. Tidak dalam arti represif, tapi dalam arti penegakan hukum kalau itu sudah dianggap, nanti ada prosesnya," jelas Ma'ruf.

Dia pun menjelaskan, proses yang dimaksud adalah di tingkat pengadilan.

"Ada proses di pengadilan, apakah dia sudah melanggar itu, kalau misalnya terkait pelecehan agama dan sebagainya. Tapi yang diutamakan tetap pendekatan persuasif," kata Ma'ruf.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ucapan Presiden Jokowi

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi ucapan selamat kepada institusi Polri yang hari ini menggenapkan usianya menjadi 76 tahun. Menurut Jokowi, Polri tidak sekadar institusi penegak hukum, melainkan juga bertanggung jawab atas hadirnya keamanan untuk masyarakat.

"Pemulihan ekonomi, penanganan kesehatan, hingga reformasi struktural, hanya dapat kita laksanakan dalam situasi yang aman dan kondusif. Untuk itulah Kepolisian Republik Indonesia hadir di tengah-tengah rakyat," kata Jokowi lewat akun Twitter pribadinya, seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

Jokowi berdoa agar Polri dapat terus menjaga Indonesia agar selalu damai dan maju tanpa kenal lelah.

"Polri hadir tanpa jeda waktu, demi Indonesia yang damai dan maju. Dirgahayu Polri," Jokowi menandaskan.

 


Berziarah

Sebelumnya diberitakan, menjelang HUT ke-76 Polri, serangkaian kegiatan sudah dilaksanakan. Salah satunya, ziarah kubur serta tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pada kegiatan tersebut, Sigit bersama dengan Perwira Tinggi (Pati) Polri lainnya memberi penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Hari ini kita sengaja melaksanakan kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan, di mana kegiatan kali ini penghormatan terhadap para pahlawan nasional yang telah berjasa pada saat memperjuangkan kemerdekaan dan juga banyak senior-senior yang tentunya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, yang bagi kami spirit perjuangan beliau-beliau kemudian hal-hal positif," kata Sigit di lokasi, Rabu, 29 Juni 2022.

"Dan juga di satu sisi, ini adalah kesempatan kami untuk memberikan penghormatan dan doa bagi para pendahulu kami," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, eks Kabareskrim Polri ini juga menaruh karangan bunga Bhayangkara ke-76 di halaman utama TMP Kalibata saat memimpin upacara penghormatan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya