Cak Imin: Tjahjo Kumulo Senior dan Sahabat Baikku

Oleh Delvira Hutabarat pada 01 Jul 2022, 12:23 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 12:28 WIB
Moeldoko, Tjahjo Kumolo dan Bambang Brodjonegoro Merapat ke Istana
Perbesar
Menteri PAN RB Tjahjo Kumulo (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PAN RB Tjahjo Kumulo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jumat (1/7/2022) pukul 11.00 WIB.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, menyatakan duka cita mendalam atas berpulangnya Tjahjo Kumulo. “Innalillahy wa Innalillahy rojiuun,” tulis cak imin di akun twitter resminya @cakiminNOW pada Jumat (1/7/2022).

Cak Imin menyebut Tjahjo adalah sosok politikus panutan, senior dan sahabat baiknya. Meski berbeda partai, Cak Imin menyebut mereka berteman baik.

“Senior dan sahabat baikku.. Innalillahy wa Innalillahy rojiuun,” tulis Cak Imin.

Sebelumnya kabar meninggal Tjahjo dibenarkan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. “Benar (meninggal dunia) sekitar jam 11.00 di RS Abdi Waluyo,” kata Djarot pada Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

Djarot mengaku belum mendapat detail informasi terkait penyebab kematian dan pemakaman rekan separtainya itu.

“Belum dapat informasi detail ya dari kelurga dan teman-teman,” kata Djarot.

Djarot meminta doa agar Tjahjo Kumulo diterima di sisi Allah. “Mohon doanya ya, semoga Almarhum diterima di sisinya,” katanya.


Sempat Dirawat

Seperti diketahui, Tjahjo Kumolo harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Kondisi kesehatan politikus PDIP itu tengah menurun.

"Betul Bapak Menpan RB Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Beliau tidak koma, tapi harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," ujar Sekretaris Menpan RB Rini Widyantini dalam keterangannya, Jumat (24/6/2022).


Digantikan Sementara Oleh Mahfud Md

Rini mengatakan, untuk sementara waktu kinerja Tjahjo Kumolo akan digantikan oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.

"Betul, Pak Menko menjadi Menpan RB ad interim," kata dia.

INFOGRAFIS: 5 Negara Pemasok Beras Terbesar ke Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: 5 Negara Pemasok Beras Terbesar ke Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya