HUT ke-76 Polri, Jokowi Berikan Pesan Khusus

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 01 Jul 2022, 11:41 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 11:50 WIB
FOTO: Pidato Virtual Presiden Jokowi di Sidang Majelis Umum PBB
Perbesar
Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidato secara virtual di Sidang Majelis Umum PBB, Rabu (22/9/2021). Jokowi menyebut potensi kekerasan dan marjinalisasi perempuan di Afghanistan, kemerdekaan Palestina, dan krisis politik Myanmar harus jadi fokus bersama. (UN Web TV via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi ucapan selamat kepada institusi Polri yang hari ini menggenapkan usianya menjadi 76 tahun. Menurut Jokowi, Polri tidak sekadar institusi penegak hukum, melainkan juga bertanggung jawab atas hadirnya keamanan untuk masyarakat.

“Pemulihan ekonomi, penanganan kesehatan, hingga reformasi struktural, hanya dapat kita laksanakan dalam situasi yang aman dan kondusif. Untuk itulah Kepolisian Republik Indonesia hadir di tengah-tengah rakyat,” kata Jokowi lewat akun Twitter pribadinya, seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (1/7/2022).

Jokowi berdoa agar Polri dapat terus menjaga Indonesia agar selalu damai dan maju tanpa kenal lelah.

“Polri hadir tanpa jeda waktu, demi Indonesia yang damai dan maju. Dirgahayu Polri,” Jokowi menandaskan

Sebelumnya diberitakan, menjelang HUT ke-76 Polri, serangkaian kegiatan sudah dilaksanakan. Salah satunya, ziarah kubur serta tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pada kegiatan tersebut, Sigit bersama dengan Perwira Tinggi (Pati) Polri lainnya memberi penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ziarah ke Makam Pahlawan

"Hari ini kita sengaja melaksanakan kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan, di mana kegiatan kali ini penghormatan terhadap para pahlawan nasional yang telah berjasa pada saat memperjuangkan kemerdekaan dan juga banyak senior-senior yang tentunya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, yang bagi kami spirit perjuangan beliau-beliau kemudian hal-hal positif," kata Sigit di lokasi, Rabu, 29 Juni 2022.

"Dan juga di satu sisi, ini adalah kesempatan kami untuk memberikan penghormatan dan doa bagi para pendahulu kami," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, eks Kabareskrim Polri ini juga menaruh karangan bunga Bhayangkara ke-76 di halaman utama TMP Kalibata saat memimpin upacara penghormatan.

Infografis Polri Bentuk Satgas Nusantara Cegah Polarisasi Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Polri Bentuk Satgas Nusantara Cegah Polarisasi Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya