Sukses Dorong Inovasi Digital, 6 Pihak Ini Terima Penghargaan Merdeka Award 2022

Oleh Muhammad Fachri Darmawan pada 30 Jun 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 18:30 WIB
Merdeka Award 2022.
Perbesar
Para pemenang Merdeka Award 2022.

Liputan6.com, Jakarta Merdeka Award 2022 sukses digelar! Ajang yang diselenggarakan pada 30 Juni 2022 dan disiarkan secara streaming di Vidio.com ini, merupakan sebuah bentuk apresiasi kepada mereka yang telah berjuang memberikan dan melahirkan gagasan yang inovatif atas nama kepentingan publik untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc., M.M sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yang diwakili oleh I Nyoman Adhiarna, Ph.D sebagai Direktur Ekonomi Digital, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, KemKominfo. Selaku perwakilan dari KemKominfo, ia turut memberikan apresiasi terhadap ajang Merdeka Award 2022 kali ini.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan award ini, semoga kegiatan ini bisa memberikan inspirasi bagi semua masyarakat kita, khususnya generasi muda, untuk mampu menggunakan teknologi digital,” ujar I Nyoman Adhiarna dalam pembukaan penghargaan kategori inovasi digital Merdeka Award 2022.

“Semoga kegiatan ini bisa mendorong lebih banyak lagi tokoh-tokoh yang memberikan inovasi digital, seperti para penerima penghargaan ini,” tambahnya.

Selain perwakilan dari KemKominfo, hadir pula Wali Kota Malang, Sutiaji, Division Head Consumer Lending Sales & Development BRI, R. Madya Januar, Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul, EVP Digital Business & Technology Telkom, Saiful Hidajat, Kadis Informatika dan Statistik Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa, A.P., dan Kadis Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Banda Aceh, Fadhil, S.sos, M.M.


Pemenang Penghargaan Inovasi Digital

Penghargaan turut diberikan kepada empat instansi pemerintah daerah dan dua perusahaan BUMN yang terus mendorong inovasi dalam bidang digital untuk kemudahan aksesibilitas kepentingan publik. Keenam pemenang penghargaan dalam kategori inovasi digital pada ajang Merdeka Award 2022 kali ini, yaitu

  1. Kota Malang yang memiliki aplikasi Job Fair Active untuk membantu masyarakat melamar pekerjaan, terobosan dalam dokumen kependudukan huruf braille untuk memudahkan warga difabel.
  2. Bank BRI yang menghadirkan inovasi melalui BRIguna. Dengan itu masyarakat bisa dengan cepat dan mudah dalam mendapatkan kredit untuk usahanya.
  3. Kota Pasuruan yang menghadirkan inovasi melalui aplikasi e-Sambat, Madinah Marketplace, Sikurma (Sistem Kredit Usaha Rakyat Mandiri), dan SI-DUTA.
  4. Telkom yang memiliki Smart Village Nusantara, Program Desa Mandiri Digital, dan ELOK, sebagai pintu masuk digitalisasi desa.
  5. Kota Cirebon menghadirkan aplikasi I Cirebon dan perpustakaan digital dengan fitur media sosial yang dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain.
  6. Kota Banda Aceh memiliki aplikasi SEKEJAP dan aplikasi informasi ketenagakerjaan untuk mempermudah mencari kerja dan sistem informasi pelayanan sekolah.

Apresiasi Terhadap Merdeka Award 2022

Apresiasi dan penghargaan Merdeka Award 2022 ini diharapkan menjadi penyemangat bagi semua pihak untuk terus melakukan inovasi digital guna memudahkan pelayanan publik dan menjadi jembatan literasi untuk masyarakat.

“Merdeka menjadi jembatan terliterasinya masyarakat kita untuk terus menerus paham, bahwa digitalisasi adalah sebuah keniscayaan,” ungkap Wali Kota Malang, Sutiaji.

Ketika pandemi belum usai, dan kondisi Indonesia masih dalam masa transisi, transformasi menjadi kata kunci. Semua stakeholders harus selaras dengan kondisi yang sedang terjadi untuk jadi Merdeka.

“Pandemi mendorong kita semua untuk transformasi, demikian juga pemda, di Kota Pasuruan tidak malu belajar dengan kota yang maju. Bisa melayani masyarakat lebih, cepat, mudah diakses, dan memuaskan. Akhirnya, kita semua Merdeka, semerdeka-merdekanya,” ujar Gus Ipul.

Selama 10 tahun terakhir, Merdeka.com selalu menyajikan berita yang aktual dan faktual kepada masyarakat Indonesia. Merdeka.com telah menjadi bagian dari strategi pentahelix untuk membangun kolaborasi demi kemajuan bersama.

“Membangun suatu daerah tidak bisa berdiri sendiri, membangun kota harus dengan transformasi digital, dan itu dibutuhkan kolaborasi, strategi pentahelix harus dilakukan pemerintah daerah. Lima unsur kekuatan dalam pengembangan daerah, salah satunya Merdeka.com sebagai media telah mengisi peran tersebut di era digital ini. Terima kasih, Merdeka.com,” jelas Fadhil.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya