Sukses

Najwa Shihab Ungkap Eks Wapres Boediono Jadi Narasumber Tersulit untuk Diwawancara

Belum lama ini presenter sekaligus jurnalis senior Najwa Shihab mengungkapkan sulitnya mewawancarai mantan Wapres Boediono sebagai narasumber.

Liputan6.com, Jakarta - Nama presenter andal Najwa Shihab tentunya sudah tidak asing lagi. Presenter sekaligus jurnalis itu acap kali mengundang berbagai tokoh di Indonesia dalam programnya.

Tak jarang, wanita yang juga merupakan seorang aktivis ini juga kerap mengundang tokoh-tokoh besar untuk kemudian diwawancarai terkait hot issue atau isu hangat di masyarakat.

Baru-baru ini rupanya Nana, sapaan akrabnya, mengungkapkan siapa sosok yang dianggapnya paling sulit untuk diwawancarai.

Melalui channel Youtube RoTivi yang dipandu oleh Ronald dan Tike, Najwa Shihab mengatakan bahwa mantan Wakil Presiden (Wapres) Boediono yang menurutnya sangat sulit untuk diwawancarai.

"Yang terberat siapa yang pernah diwawancarai?" tanya Ronald kepada Najwa.

"Pak Boediono, orangnya diem banget, gua sampe haus," ujarnya.

"Jawabnya pendek-pendek, tahu kan yang narasumber jawabnya pendek-pendek tuh menantang banget, baru kayak setengah wawancara sekitar setengah jam gua baru bisa ngerasa berhasil meng-crack dia dan baru kemudian dia mau secara terbuka bicara," tutur Najwa melanjutkan.

Lebih lanjut, Najwa menjelaskan, saat itu dirinya mewawancarai Boediono ketika kasus Bank Century sedang menjadi sorotan. Kala itu Boediono tengah menjabat sebagai wakil presiden dan turut diperiksa sebagai saksi. Najwa pun mengatakan bahwa saat itu adalah momen yang sensitif.

"Gue inget waktu itu lagi ramai-ramai kasus Century dan waktu itu banyak disorot. Dipanggil sebagai saksi di pengadilan waktu itu Pak Boediono posisinya sebagai wapres, jadi waktu itu memang sensitif momen," ucap Nana.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pujian untuk Boediono

Meski begitu, Najwa Shihab mengungkapkan bahwa mantan Wapres Boediono memang sosok pendiam dan sangat sederhana.

"Pak Boediono itu sosok yang sangat sederhana apa adanya, dan kita meng-highlight soal kesederhanaannya dia," kata Nana.

Najwa Shihab juga mengatakan bahwa mantan wapres Boediono enggan menggunakan fasilitas dan uang negara bahkan ketika berangkat haji.

"Dia sangat ketat mengatur uang negara dan uang pribadi. Waktu pergi haji dicatat detil mana uang negara yang enggak mau dipakai. Dia bahkan ngembaliin uang tiket untuk berangkat haji dan enggak mau banget pakai fasilitas negara," terang Nanan.

"Banyak banget cerita-cerita soal kesederhanaannya dia, Pak Boediono adalah orang yang sangat sederhana, he’s very simple very down to earth. Pokoknya menurut gua tuh dia salah satu pejabat teladan yang jarang dapat ekspos dan highlight di negeri ini," tutup Najwa Shihab.

 

3 dari 3 halaman

Tips dari Najwa Shihab

Kemampuan berbicara di depan umum adalah hal yang sering menjadi bahan pertimbangan untuk beragam jenis pekerjaan. Ada sejumlah figur yang bisa jadi contoh dalam hal ini, salah satunya Najwa Shihab.

Bagi beberapa orang, berbicara di depan umum untuk menyampaikan pendapatnya adalah hal yang sulit. Bahkan tak jarang, sebelum berbicara akan merasa tegang, berkeringat dingin, sampai sakit perut.

Najwa membagikan tiga tips dan trik yang biasa dilakukannya agar percaya diri berbicara di depan umum melalui unggahan di akun TikTok-nya. Apa saja?

1. Riset dan Memahami Materi

Menurut Najwa, setiap orang mempunyai cara sendiri untuk mempersiapkan penampilan di depan publik. Namun, menguasai materi jadi satu yang tidak bisa dihindari.

Caranya bisa dengan melakukan riset berulang-ulang sehingga mendapatkan materi yang lengkap. Bisa juga dengan membaca sebanyak mungkin. Mempelajari sumber yang akan diwawancara seperti latar belakang, gaya berbicara, dan apa pendapat sebelumnya juga penting. Persiapan matang biasanya bisa membuat seseorang lebih percaya diri saat berbicara di depan umum.

2. Tarik Napas dan Membaca Selawat

Najwa mengaku sebelum memulai berbicara di depan umum, ia akan menarik napas dan membaca selawat terlebih dahulu agar merasa tenang. Cara tersebut adalah rumus yang diajarkan ayahnya untuk tetap merasa tenang dan percaya diri.

3. Membawa Minyak Kayu Putih dan Minum Teh Panas

Terakhir, saat berbicara di depan umum Najwa terbiasa membawa minyak kayu putih. Alasannya, karena jika ia berada dalam kondisi gugup, perutnya akan mulas. Ia juga akan minum teh panas.

Najwa menambahkan cara setiap orang agar merasa lebih tenang pasti berbeda-beda. Namun, tiga tips tersebut biasa ia lakukan saat berbicara di depan umum agar bisa lebih percaya diri dan tidak gugup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.