Sukses

Dari Polandia, Jokowi Bertolak ke Rusia untuk Bertemu Vladimir Putin

Presiden Jokowi dan rombongan terbang ke Moskow, Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 dari Bandara Rzeszow-Jasionka, Polandia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Polandia, Kamis (30/6/2022), usai bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Setibanya di Polandia, Jokowi langsung bersiap berangkat ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan tiba di Statiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia sekitar pukul 06.30 waktu setempat, usai menempuh perjalanan selama 11 jam dari Kyiv, Ukraina.

Dari stasiun ini, Jokowi dan Iriana beserta rombongan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia. Jokowi akan bertolak menuju ke Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Siang hari ini atau di hari kelima kunjungan kerjanya ke luar negeri, Jokowi dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin. Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Ukraina pada Rabu, 29 Juni 2022, Jokowi meninjau Kompleks Apartemen Lipku di Kota Irpin. Dia melihat puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang.

Kemudian, dia menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv, Ukraina.

Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan berkomitmen membantu rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Bertemu Zelensky

Setelah itu, Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky. Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya merupakan bentuk kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," kata Jokowi Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy selepas pertemuan.

Dia menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Kendati masih sangat sulit dicapai, Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

Jokowi pun menawarkan diri untuk membawa pesan dari Zelenskyy untuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Pasalnya, Jokowi akan berkunjung ke Rusia usai dari Ukraina.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Zelensky Berterima Kasih atas Kunjungan Jokowi

Selanjutnya, Jokowi menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Sementara itu, Zelenskyy menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke negaranya pada Rabu, (29/6/2022). Menurut dia, Jokowi adalah pemimpin negara Asia pertama yang berkunjung ke negaranya, sejak invasi melanda Ukraina.

"Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina," kata Zelenskyy saat menyampaikan pernyataan pers bersama usai pertemuan di Istana Maryinsky Kyiv Ukraina, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu.

"Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.