4 Kabar Keluarga Ayu Anjani Tenggelam dalam Kecelakaan Kapal di Labuan Bajo, NTT

Oleh Maria Flora pada 29 Jun 2022, 18:05 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 18:05 WIB
Ingat Ayu Anjani Pemeran Lasmini di Sinetron Kolosal? Ini 7 Potret Terbarunya
Perbesar
Ayu Anjani dulu dan kini (Sumber: Instagram/real.ayuanjani/YouTube/Rondo teles Chanel)

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kini tengah menyelimuti artis Ayu Anjani. Sang ibu dan adiknya dilaporkan tewas tenggelam di perairan Labuann Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ayu pun telah memastikan bahwa ibunda, Jamiatun Widaningsih (53) dan Annisa Fitriani (22) sang adik telah tiada dalam kecelakaan kapal pada pada 28 Juni kemarin, tepatnya di kawasan perairan Taman Nasional Komodo (TNK).

Mengenang sang ibu, Ayu yang berperan sebagai Lasmini dalam Kembang Gunung Lawu tersebut meminta maaf karena belum bisa menjadi anak yang baik dan membahagiakan almarhum saat masih hidup.

Artis kelahiran Bandung, 11 Desember 1990 itu bahkan mengaku cuek dan kerap lalai. Hal ini diungkap Ayu lewat fitur Instagram Stories-nya.

"Ma, maafin Ayu blm bs jd anak yg baik buat mama, Ayu blm smpet minta maaf smbil cium kaki mama, maafin Ayu yg trllu cuek, maafin Ayu yg sllu lalai," tulis Ayu Anjani di Selasa malam, 28 Juni 2022.

Sebelum jasad sang bunda dan adik Ayu Anjani ditemukan di perairan Labuan Bajo, Tim SAR gabungan diturunkan untuk melakukan pencarian. Para petugas tersebut terdiri dari jajaran TNI Angkatan Laut (AL) Labuan Bajo, Basarnas, Polisi Air, KPLP, dan KKP.

Baik Jamiatun dan Annisa belakangan diketahui menumpang kapal Tiana GT 61 yang berangkat dari Labuan Bajo menuju Pulau Kanawa, berlanjut ke Pulau Kambing.

Berikut sederet fakta kabar duka dari berpulangnya ibunda dan sang adik dari Ayu Anjani yang tenggelam di perairan Labuan Bajo akibat kecelakaan kapal:  

 


1. Ayu Memastikan Sang Ibu dan Adiknya Tewas dalam Kecelakaan Kapal

Ayu Anjani tampil anggun dalam balutan hijab (Foto: Instagram @real.ayuanjani)
Perbesar
Ayu Anjani tampil anggun dalam balutan hijab (Foto: Instagram @real.ayuanjani)

Ayu Anjani mengonfirmasi jika korban tewas tenggelam di perairan Labuan Bajo adalah ibunda dan adiknya, Jamiatun Widaningsih (53), dan Annisa Fitriani (22).

Keduanya merupakan dua wisatawan lokal yang dinyatakan sebagai korban tewas tenggelam dalam kecelakaan kapal di kawasan perairan Taman Nasional Komodo (TNK), Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 28 Juni 2022, kemarin.

 Melalui unggahannya di fitur Instagram Stories, Ayu Anjani memohon maaf kepada ibunda dan menyampaikan ucapan kehilangan teramat dalam atas kepergian adiknya. Bintang sinetron Lasmini Kembang Gunung Lawu masih tak menyangka akan mendapat kabar duka.

Bintang sinetron Jaka Tingkir ini menguatkan diri saat memberi ucapan perpisahan kepada sang ibunda. Ia berharap mendiang ibundanya bisa beristirahat dengan tenang.

Ayu Anjani memastikan jika keluarganya akan tetap diperhatikannya selepas kepergian ibunda dan adiknya.

"Tp mama tenang aj ya, Ayu akan sukses spt yg mama minta. papa jg akan hidup enak sm adek-adek yg lain, jd mama tenang aj ya," tulis Ayu Anjani di Instagram Stories.


2. Kronologi

Proses evakuasi ibunda dan adik artis Ayu Anjani, korban tewas tenggelam di perairan Labuan Bajo (https://www.instagram.com/p/CfV8tFlvmQh/)
Perbesar
Proses evakuasi ibunda dan adik artis Ayu Anjani, korban tewas tenggelam di perairan Labuan Bajo (https://www.instagram.com/p/CfV8tFlvmQh/)

Jamiatun Widaningsih (53), dan Annisa Fitriani (22) ditetapkan sebagai dua wisatawan lokal yang dinyatakan sebagai korban tewas tenggelam di perairan Taman Nasional Komodo (TNK), Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Selasa, 28 Juni kemarin.

Mendiang Jamiatun dan Annisa diketahui menumpang kapal Tiana GT 61 yang berangkat dari Labuan Bajo menuju Pulau Kanawa. Sesampainya di Pulau Kanawa, keduanya berpindah ke Pulau Kambing untuk selanjutnya bermalam di mouring.

Seperti dilansir akun Instagram @lanallabuanbajo, kapal yang digunakan ibu dan adik artis Ayu Anjani ditiup angin kencang pada pukul 05.00 WITA di tanggal 28 Juni 2022. 

"tiba tiba angin kencang langsung membalikan kapal liana GT 61.kapten berteriak ke penumpang menginformasikan kapal akan tenggelam," beri tahu akun Instagram resmi Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo.

"kapten kapal dan kru langsung menyelamatkan penumpang di dalam Kapal kapten kapal minta tolong kepada kapal andalusia II GT.71 sementara info dari kapten ada korban 1 orang terluka dan 1 orang meninggal dan 1 orang belum ditemukan," tulisnya lagi.


3. Jenazah Dibawa ke RS

Ibunda Ayu Anjani jadi korban tewas tenggelam di perairan Taman Nasional Komodo (Instagram Stories)
Perbesar
Ibunda Ayu Anjani jadi korban tewas tenggelam di perairan Taman Nasional Komodo (Instagram Stories)

Tim gabungan kemudian melakukan proses evakuasi dan penyelamatan terhadap para korban kapal Liana GT61 yang terbalik. Korban tewas tenggelam yang lebih dulu ditemukan, dibawa ke rumah sakit.

"Pada pukul 08.08 wita team gabungan tiba di dermaga labuan bajo dan langsung di tangani oleh team medis.1 jenasah langsung di bawa ke RS.komodo dan yang luka berat di bawa ke RS.Siloam," tulis akun Instagram resmi Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo.

"Pada pukul 08.40 wita team kembali ke TKP dan membawa alat perlengkapan alat selam. Pada pukul 09.10 wita team tiba di TKP dan langsung menyiapkan peralatan selam. Pada pukul 10.15 wita korban di temukan dengan keadaan meninggal, informasi dari penyelam korban ada di dalam kabin. Pada pukul 10.30 wita team menuju ke labuan bajo beserta jenasah dan keluarga korban," tulisnya lagi.

Melalui akun Instagram terverifikasinya, bintang sinetron Jaka Tingkir mengonfirmasi jika korban tewas tenggelam di perairan TNK adalah ibunda dan adiknya.


4. Akan Dimakamkan di Dekat Rumah

Adik Ayu Anjani jadi korban tewas tenggelam di perairan Taman Nasional Komodo (Instagram Stories)
Perbesar
Adik Ayu Anjani jadi korban tewas tenggelam di perairan Taman Nasional Komodo (Instagram Stories)

Rencananya, jenazah ibu dan adik Ayu Anjani akan tiba di Jakarta pada Rabu (29/6/2022), namun belum diketahui pasti waktunya.

"Inshallah hari ini mereka tiba di Jkt dan akan di semayamkan di dekat kediaman orangtua sy," tuturnya memberitahu.

Namun, Ayu Anjani tak memberitahu pasti kapan pelaksanaan penguburannya.

Mengetahui ibunda dan adik meninggal dunia karena tenggelam, tak sedikit kerabat, saudara maupun teman-teman yang memberikan ucapan belasungkawa kepada Ayu Anjani. Ia berharap ini merupakan mimpi saja.

"Sy jg blm cukup tidur dan makan, masih berharap ini mimpi Tp Alhamdulillah byk bgt yg sayang sama mama n Ica," sambungnya.

Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya