Sukses

Bupati Ipuk Semangati Tim Bersihkan Material Longsor Erek-Erek Ijen

Jalur menuju Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen Banyuwangi tertutup reruntuhan longsor. Hingga kini, penanganan longsor terus dilakukan. Diprediksi pembersihan material longsor selesai dalam tiga hari.

Liputan6.com, Banyuwangi Jalur menuju Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen Banyuwangi tertutup reruntuhan longsor. Hingga kini, penanganan longsor terus dilakukan. Diprediksi pembersihan material longsor selesai dalam tiga hari.

"Mohon maaf jalur menuju Kawah Ijen masih belum bisa dilalui karena tertutup longsor. Insya Allah dalam tiga hari ke depan sudah bisa dilewati. Kami upayakan secepatnya bisa selesai," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat meninjau lokasi, Selasa (28/6/2022).

Longsor terjadi di jalur menuju Kawah Ijen tepatnya di Erek-Erek, akibat hujan dengan intensitas yang tinggi pada, Senin (27/6/2022). Material longsor seperti lumpur dan kayu, menutupi jalur menuju Kawah Ijen sepanjang 30 meter dengan tinggi empat hingga enam meter.

Pembersihan dilakukan menggunakan tiga alat berat. Kontur jalan Erek-Erek yang menanjak dan curam, cukup menyulitkan pembersihan. Relawan BPBD dan Tagana dibantu masyarakat, TNI dan Polri turut membersihkan material longsor.

"Terima kasih atas kerja keras teman-teman relawan, masyarakat, TNI dan Polri. Semoga kondisi cuaca mendukung, sehingga pembersihan bisa cepat selesai," harap Ipuk.

 

Ditambahkan Plt Kepala Dinas PU dan Bina Marga, Danang Hartanto, longsor terjadi dua kali.

"Pertama dengan intensitas kecil Senin pagi, dan yang kedua sore sekitar pukul 16.00 dengan intensitas yang besar," kata Danang.

Usai longsor pertama, menurut Danang telah dilakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat. Namun ternyata terjadi longsor kedua yang cukup besar, sehingga upaya pembersihan dihentikan sementara karena tidak memungkinkan, ditambah cuaca yang tidak mendukung.

"Bahkan satu alat berat kami terjebak di atas karena jalur sudah tertutup material longsor. Pembersihan baru kami lanjutkan hari ini," kata Danang.

Menurut Danang, diprediksi pembersihan akan selesai dalam tiga hari.

"Setelah pembersihan akan kami lakukan penyiraman agar kondisi jalan tidak licin, Insyaallah Jumat sudah bisa dilewati kembali," tambah Danang.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini