Tak Hanya NasDem, Anies dan Ganjar Juga Masuk Bursa Capres PAN

Oleh Liputan6.com pada 29 Jun 2022, 07:09 WIB
Diperbarui 29 Jun 2022, 09:14 WIB
Momen keakraban Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dengan Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Perbesar
Momen keakraban Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dengan Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan), Saat Acara APPSI 2022. (Nanda Perdana Putra/Liputan6).

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) saat ini masih menjaring nama-nama yang akan masuk bursa bakal calon presiden (capres) untuk diusung pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PAN Yandri Susanto mengungkapkan, hingga saat ini nama yang muncul dalam bursa capres partainya, di antaranya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Ada Ganjar, Anies, Erick. Semisal di DKI Jakarta ada Anies, di Jatim ada Khofifah," kata Yandri, saat diwawancarai di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Lebih lanjut, Yandri mengatakan, tokoh internal seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) juga mendapat banyak dukungan untuk maju sebagai capres 2024.

"Sejauh ini, Bang Zul yang selalu menjadi pilihan dari internal di 500 lebih kabupaten dan kota," ungkapnya.

Ia menjelaskan, nama-nama capres 2024 masih dibahas di tingkat DPD PAN. Penentuan nama bakal capres akan menjadi agenda utama di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN pada Agustus 2022 nanti.

"Sekarang melalui rapat kerja daerah, instruksi kita dari DPP itu memang salah satu agenda utama raker, itu adalah menjaring aspirasi masyarakat yang di kabupaten/kota itu kita dengan para alim ulama mungkin tokoh masyarakat kaum buruh itu dijaring oleh DPD nah dimasukkan secara formalitas di rapat kerja daerah itu," jelasnya.

"Kita InsyaAllah akan Rakernas tanggal 26, 27, 28 Agustus dirangkaikan dengan HUT PAN. Salah satu yang akan kita bahas di Rakernas itu adalah masalah capres dan cawapres," imbuh Yandri.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Merdeka.com


NasDem Umumkan 3 Bakal Capres 2024

nasdem
Perbesar
Rakernas Nasdem yang berlangsung di JCC Jakarta mengusulkan sejumlah nama capres untuk diusung di Pilpres 2024. Di antara nama tersebut adalah Anies Baswedan. (Merdeka.com)

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah resmi mengumumkan nama-nama bakal capres yang akan diusung oleh partainya.

Di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Urutan boleh satu, dua, tiga, tapi itu berdasarkan urutan abjad, saya yakin kualitasnya sama," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (17/6).

Ketiga nama itu berdasarkan hasil dari usulan-usulan yang diserahkan kepada Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk kemudian dipilih tiga nama dari total 34 nama yang telah diusulkan.

"Tiga nama ini adalah pilihan saudara-saudara pilihan Rakernas, saya harus mengingatkan, tidak ada yang kurang satu sama lain dari tiga nama ini nilai nya sama di mata saya sebagai Ketua Umum DPP," ujar Paloh.

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya