19 Orang Terluka Akibat Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

Oleh Liputan6.com pada 27 Jun 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 10:18 WIB
Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)
Perbesar
Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan beruntun terjadi di KM 92+000 ruas Jalan Tol Cipularang arah Jakarta, pada Minggu (26/6/2022) sekitar pukul 20.20 Wib. Atas kejadian itu, sebanyak 19 orang mengalami luka.

"Akibat kecelakaan tersebut terdapat 3 orang luka berat dan 16 orang luka ringan," kata Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur dalam keterangannya, Senin (27/6/2022).

Denny menyebut, belasan korban luka berat maupun ringan tersebut langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Korban kecelakaan langsung dilarikan ke RS Abdul Radjak Purwakarta," sebutnya.

Namun, hingga kini belum diketahui secara pasti apakah mereka atau para korban masih dirawat di RS Abdul Radjak Purwakarta atau tidak.

Denny mengatakan, kejadian itu berawal saat Bus Laju Prima dengan nomor polisi B 7602 XA dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya.

"Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong, sehingga menabrak kendaraan di depannya," kata Denny.

Atas kejadian itu, terjadi kecelakaan beruntun atau melibatkan banyaknya kendaraan. Karena, memang situasi saat itu sedang padat kendaraan.

"Kecelakaan beruntun ini melibatkan beberapa kendaraan sekaligus, karena memang saat kejadian situasi lalulintas sedang padat, mengingat hari Minggu biasanya terjadi peningkatan lalu lintas masyarakat yang dari Bandung menuju ke Jakarta," jelasnya.

Selain itu, Denny menyebut, pada pukul 01.17 Wib di lokasi tersebut telah bersih dan lalu lintas kembali normal. Untuk kendaraan yang terlibat kecelakaan itu telah dibawa ke Pool Derek Jatiluhur.


Kesaksian Diduga Korban

Belasan kendaraan dikabarkan terlibat kecelakaan beruntun di KM 92 Tol Cipularang arah Cikampek-Jakarta pada Minggu (26/6) malam.

Hal tersebut diketahui melalui video yang beredar dan viral di media sosial dengan memperlihatkan sejumlah kendaraan sudah dalam posisi tak beraturan dengan badan mobil yang hancur di ruas tol tersebut.

Dalam video yang diterima Antara, Senin dini hari itu, terdengar sirine polisi dan tampak beberapa orang dengan wajah cukup tegang melihat situasi.

Dalam video itu seorang wanita menjelaskan situasi kecelakaan, di mana dia menyebut jika ada belasan kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun dan penyebabnya adalah bus yang mengalami rem blong.

"Alhamdulillah, aku, bapakku, suamiku dan adikku selamat. Kita berempat habis nengok anak dari Bandung, Alhamdulillah selamat. Ini tabrakan beruntun di KM 92 ada 15 mobil. Awalnya bis ini kayaknya remnya blong dan sekarang kayaknya supirnya kabur. Nih kecelakaan di KM 92 arah Bandung menuju Jakarta," sebut wanita dalam video yang diduga korban kecelakaan, dengan nada panik.

Akibat kejadian ini, ruas tol dari Bandung menuju Jakarta yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP) macet total yang dikabarkan hingga belasan kilometer.

Pengelola jalan tol PT Jasa Marga mengabarkan bahwa penanganan kecelakaan di tol Purbaleunyi (Cipularang) KM 92 atau di sekitar daerah Plered arah Jakarta telah selesai.

"02.09 WIB #Kecelakaan_Purbaleunyi di Plered KM 92 arah Jakarta SELESAI PENANGANAN petugas," tulis akun resmi twitter Jasa Marga @PTJASAMARGA, Senin dini hari.

Infografis Kecelakaan Infrastruktur
Perbesar
Infografis Kecelakaan Infrastruktur
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya