Indonesia Dapat Bantuan 300 Unit Pendingin untuk Vaksin Covid-19 dari Jepang

Oleh Liputan6.com pada 26 Jun 2022, 21:20 WIB
Diperbarui 26 Jun 2022, 21:20 WIB
Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech
Perbesar
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyetujui penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech untuk anak-anak dengan batasan usia 12-15 tahun. (AFP/Luis Acosta)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima bantuan hibah logistik berupa 300 unit alat refrigerator vaksin Covid-19 dari Pemerintah Jepang untuk mendukung program vaksinasi di Indonesia.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, fasilitas logistik tersebut menjadi salah satu penentu kesuksesan Indonesia dalam program vaksinasi Covid-19 yang telah bergulir selama 17 bulan terakhir.

"Ada yang bertanya kepada saya, kenapa Indonesia begitu sukses melaksanakan vaksinasi dalam 17 bulan mencapai 415 juta suntikan ke lebih dari 205 juta orang? Salah satunya adalah karena logistik," ujar Menkes Budi saat acara serah terima bantuan itu di JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara melansir Antara, Minggu (26/6/2022).

Budi menyebut, ketersediaan logistik berupa fasilitas penyimpanan vaksin bersuhu dingin telah berkontribusi sebesar 15 persen untuk persiapan negara dalam memenangkan peperangan menghadapi pandemi Covid-19.

"Selama masa perang menghadapi SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, sistem kesehatan di Indonesia telah diperkuat dengan pengadaan tempat penyimpanan vaksin rantai dingin berkisar minus 82 derajat Celcius yang ideal untuk negara tropis. Sehingga kami bisa melayani dan mendistribusikan vaksin ke 17.000 pulau dan 270 juta penduduk Indonesia," papar dia.

Budi memaparkan, tempat penyimpanan vaksin yang dimiliki Indonesia, di antaranya sebanyak 44 unit jenis ultra cold storage merupakan transaksi pembelian dari UNICEF melalui Fasilitas COVAX.

"Alat tersebut saat ini telah disebar ke 34 provinsi di Indonesia dan tersedia di PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat," jelas Menkes Budi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jepang Puji Indonesia

FOTO: Mobil Vaksinasi COVID-19 Keliling Jemput Bola di RPTRA Bunga Rampai
Perbesar
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga saat vaksinasi keliling untuk warga Kelurahan Malaka Jaya di RPTRA Bunga Rampai, Jakarta, Jumat (9/7/2021). Pemprov DKI Jakarta memberikan pelayanan mobil vaksinasi COVID-19 keliling. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasuki Kenji sempat memuji kepemimpinan Indonesia dalam Forum G20 bidang kesehatan.

Kanasuki Kenji mengatakan, pengadaan bantuan 300 unit alat refrigerator vaksin Covid-19 bertujuan untuk mendukung Indonesia dalam mewujudkan ketahanan sistem kesehatan global.

"300 unit refrigerator vaksin telah terdistribusi sejak dua hari lalu. Dan lebih banyak lagi yang akan datang tahun ini untuk memastikan vaksinasi Covid-19 di seluruh negara berjalan dengan baik," kata dia.

Ia mengatakan, vaksin Covid-19 merupakan kunci utama bagi negara dalam menghadapi tantangan pandemi melalui strategi pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons.

"Jepang mengalokasikan hampir 7 juta dosis vaksin untuk Indonesia. Pemerintah Indonesia saat ini telah memiliki ketersediaan vaksin yang aman untuk penduduknya," jelas Kanasuki Kenji.

Agenda serah terima donasi refrigerator vaksin dari Pemerintah Jepang di JICT Tanjung Priok turut disaksikan oleh Deputy Representative Operations UNICEF Indonesia Ismail Kamil.

 


Update Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Pasien ODGJ di Bekasi Jalani Vaksinasi COVID-19
Perbesar
Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 kepada pasien ODGJ di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/8/2021). Sebanyak 70 pasien ODGJ mengikuti kegiatan vaksinasi merdeka guna mencegah penyebaran wabah COVID-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Vaksinasi Covid-19 terus dilakukan banyak pihak demi meningkatan imunitas masyarakat terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Dibandingkan kemarin, Kamis 24 Juni 2022, penambahan jumlah orang yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 lebih tinggi. Berikut rincian tambahan vaksinasi Covid-19 di Indonesia hingga pukul 12.00 WIB, Jumat 25 Juni 2022:

Vaksinasi Dosis 1

Bertambah 53.486 - Akumulasi 201.350.232

Vaksinasi Dosis 2

Bertambah 123.200 - Akumulasi 168.784.174

Vaksinasi Dosis 3 atau Booster

Bertambah 372.281 - Akumulasi 49.916.092

Kementerian Kesehatan RI terus mengajak masyarakat yang belum melengkapi vaksinasi Covid-19 untuk segera mendatangi sentra-sentra vaksinasi. Terbukti, vaksinasi Covid-19 bisa mengurangi risiko fatalitas dan kematian bila terpapr virus SARS-COV-2.

Terlebih di tengah kenaikan kasus subvarian BA.4 dan BA.5, Satgas Covid-19 mengingatkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga.

"Masyarakat perlu memahami bahwa divaksin booster merupakan semata-mata agar kita terutama kelompok berisiko lebih terlindungi dari penularan virus termasuk varian baru," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito.

 


Stok Vaksin Covid-19 Indonesia Lebih dari Cukup

Anak Usia 6 Bulan Hingga 5 Tahun Akhirnya Diizinkan Vaksinasi Pfizer dan Moderna
Perbesar
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Sumber foto: Unsplash.com).

Sebelumnya, pada akhir Mei 2022 Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi booster untuk segera mendatangi pusat vaksinasi.

Dalam keterangan pers di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jokowi mengatakan bahwa stok vaksin Covid-19 yang dimiliki saat ini lebih dari cukuo.

"Stok vaksin Covid-19 untuk booster lebih dari cukup," kata Jokowi, Senin 30 Mei 2022.

Jokowi juga meminta masyarakat tidak pilah-pilih vaksin. Semua vaksin memiliki manfaat yang sama yakni melindungi diri bila terpapar virus SARS-CoV-2.

"Karena semua vaksin manfaatnya sama, untuk melindungi kita menghadapi pandemi Covid-19," jelasnya.

Infografis 4 Vaksin Covid-19 Sudah Bersertifikat Halal. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 4 Vaksin Covid-19 Sudah Bersertifikat Halal. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya