Cak Imin: Ibu-Ibu Bakal Jadi Orang Pertama yang Diundang ke Istana

Oleh Liputan6.com pada 25 Jun 2022, 18:41 WIB
Diperbarui 25 Jun 2022, 18:41 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin
Perbesar
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Foto: Dokumentasi PKB).

Liputan6.com, Jakarta Dukungan kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar untuk menjadi calon presiden (capres) 2024 mulai bermunculan. Salah satunya datang dari Perempuan Nahdlatul Ulama (NU) DKI Jakarta.

Di hadapan para ibu dalam acara deklarasi capres, Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin sambil berkelakar menjanjikan jika terpilih sebagai presiden para ibu akan jadi salah satu orang yang pertama ke Istana Negara.

"Saya salut sama ibu-ibu yang dari tadi megang karton (poster dukungan) tolong di video. Nanti kalau saya menang yang akan diajak ke istana pertama kali ini. Ngapain ke istana? Makan soto betawi," ujar Cak Imin yang disambut riuh dari peserta, di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (25/6/2022). 

Hal itu dilontarkan Cak Imin, karena senang melihat semangat dari para ibu yang hadir untuk memberikan dukungan kepada dirinya sebagai capres 2024 nanti.

"Saya ini paling suka mendapatkan dukungan dari ibu-ibu kenapa? Doanya lebih manjur dari bapak. Kedua ibu-ibu kalau bekerja lebih sungguh-sungguh daripada bapak-bapak," sebutnya.

"Ketiga, bapak-bapak kebanyakan ngopi dari pada kerja dibandingkan ibu-ibu. Betul apa betul. Bapak-bapak itu belum kerja sudah ngajak ngopi, kalau ibu-ibu kerja dulu baru ngopi. Betul," tambahnya. 

Dia pun berjanji apabila terpilih nantinya sebagai presiden, akan memperhatikan kemajuan dari para perempuan menjadi program prioritas pemerintah.

"Nah yang paling penting saya paling suka didukung ibu-ibu karena apa, kalau saya nanti ditakdirkan benar menjadi presiden. Maka prioritas saya adalah perempuan Indonesia yang maju," tuturnya.

 


Deklarasi Perempuan NU

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin
Perbesar
Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin. (Foto: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com).

Sebelumnya, ribuan wanita yang mengatas dirikan sebagai Perempuan Nahdlatul Ulama (NU) DKI Jakarta menggelar deklarasi dukungan kepada Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar sebagai kandidat calon presiden (capres) 2024.

Berdasarkan pantauan merdeka.com, Sabtu, 25 Juni di lokasi Gelanggang Remaja Jakarta Utara, Muhaimin Iskandar tiba di lokasi sekitar pukul 09.30 WIB. Dengan busana baju koko putih, dirinya disambut ribuan perempuan.

Diawali dengan pengalungan bunga selamat datang kepada Cak Imin oleh Dewi Ani selaku Ketua Panitia Penyelenggara Deklarasi Perempuan NU DKI Jakarta. Kedatangannya juga diiringi tabuhan rebana yang membuat suasana penyambutan semakin semarak.

Tak hanya itu, sambutan kepada Cak Imin yang juga disapa Gus Muhaimin juga disertakan sorak-sorai "Presiden 2024" bersamaan dengan sejumlah poster dan spanduk bertuliskan "Gus Muhaimin Pemimpin Umat Muslim Indonesia."

"Bahwa Gus Muhaimin yang akan maju Pilpres 2024-2029. Ini deklarasi ya, mendukung, meniatkan, mendorong menginginkan bahwa beliau semangat menang. Amin Insya Allah," Kata Dewi disela-sela acara.

"Bahwa beliau adalah memihak rakyat gerakan beliau sudah nyata, politikus yang handal, Insya Allah amanah, membela rakyat, untuk kepentingan rakyat," tambahnya.

Adapun, Dewi mengatakan bahwa acara ini turut diikuti sekitar 5.000 perempuan NU yang ada di Jakarta dan sekitarnya sebagai bentuk dukungan kepada Cak Imin untuk melaju di pilpres 2024.

"Jelas (dukung) sekitar 5.000 perempuan NU disini. Karena, kita kan punya ikatan batin dengan beliau kan orang NU kan, tapi jangan lupa perempuan yang lain DKI juga menginginkan beliau Insya Allah," tutur Dewi yang juga sebagai Fatayat PP NU.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam


Cak Imin: Koalisi PKB-Gerindra Sudah Solid, Tapi Masih Buka Peluang Partai Lain Gabung

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin)
Perbesar
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin)

Muhaimin Iskandar juga mengatakan koalisi antara partainya dan Partai Gerindra hanya tinggal menunggu deklarasi saja.

"Iyah (tinggal deklarasi)," kata Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin usai acara deklarasi capres 2024 Perempuan NU, di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (25/6/2022).

Menurutnya rencana koalisi yang bakal dibangun dengan partai besutan Prabowo Subianto tersebut sudah solid dan namun masih membuka peluang bagi partai lain yang ingin bergabung.

"Sudah solid, tinggal nambah-nambah aja," ujarnya.

Termasuk, lanjut dia, peluang bergabungnya Partai Demokrat ke dalam koalisi Partai Gerindra- PKB. Usai pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Jumat, (24/6/2022) malam.

"Ya (pertemuan Prabowo-AHY). Tentu kita kan akan membangun koalisi sebanyak-banyaknya ya," ujarnya.

Bahkan, Cak Imin menargetkan dalam koalisinya nanti tidak hanya Gerindra dan PKB. Namun, bisa turut menghimpun sedikitnya lima partai di dalamnya untuk persiapan jelang pilpres 2024.

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya