Sukses

Puan Maharani: Belum Ada Tanda-Tanda Ditunjuk Jadi Capres dari PDIP

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan belum terlihat ada tanda-tanda dirinya akan ditunjuk untuk dicalonkan sebagai presiden oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan belum terlihat ada tanda-tanda dirinya akan ditunjuk untuk dicalonkan sebagai presiden oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Belun ditunjuk, belum ada tanda-tanda juga," kata Puan ditemui saat Festival Bakar Ikan Nusantara di kawasan JCC, Jakarta, Sabtu, (25/6/2022).

Puan mengingatkan kembali hak prerogatif Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang menunjuk capres. Hal itu juga menjadi hasil Rakernas II agar kader PDIP menunggu perintah Megawati soal capres dan cawapres.

"Di Rakernas sudah disampaikan bahwa hak prerogatif menentukan bacapres atau bakal cawapres, capres dan cawapres PDIP Perjuangan adalah hak prerogatif ibu ketua umum," kata Ketua DPR RI ini.

Menurut Puan, Megawati masih melakukan perhitungan politik siapa yang akan diusung oleh PDIP pada Pilpres 2024.

"Tentu saja, bagaimana perhitungan itu Ibu Megawati yang menentukan," kata Puan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Megawati dan Puan Maharani Ditanya soal Nama Capres 2024 dari PDIP

PDIP telah selesai menyelesaikan rangkaian Rapat Kerja Nasional atau Rakernas II 2021 yang diadakan tiga hari.

Namun, sang ketua umum Megawati Soekarnoputri masih menyembunyikan nama yang akan diusung partainya sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024.

Usai penutupan, Megawati bersama Ketua DPP PDIP Puan Maharani serta Prananda Prabowo, dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyantap bakso di halaman Sekolah Partai, tempat dilangsungkannya Rakernas II PDIP 2021.

Di sela-sela menyantap bakso, Puan dan Megawati kembali ditanya soal nama Capres 2024. Di mana sebelumnya, saat pidato penutupan Rakernas II PDIP, Megawati mengatakan masih menyembunyikan namanya.

Puan menyebut nama calon presiden PDIP sudah ada di hati ketua umum. Hanya saja belum waktunya dibuka ke publik.

"Ya udah ada dong pastinya cuma kan ada di dalem hati ibu ketum, belum bisa disampaikan," kata ketua DPR RI ini.

Saat ditanya wartawan lagi, Puan pun langsung meminta Megawati menjawabnya.

"Ibu ketum udah ada belum DPP yang tahu isi hati ibu soal capres?," tanya Puan melanjutkan pertanyaan para wartawan yang menanyakan soal pencapresan, Kamis 23 Juni 2022.

Mendengar hal tersebut, Megawati hanya menjawab singkat. "Coba tanya sama DPP-DPP-nya," jawab Megawati singkat.

Saat ditanya apakah Puan yang selaku jajaran DPP sudah tahu nama capres di hati Megawati, ia mengaku juga belum diberitahu.

"Tadi kan saya malah nanya," kata Puan.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.