Sukses

Golkar: Parpol Saling Bertemu Tapi Tak Ada Bicara soal Rakyat

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur M Sarmuji tidak ambil pusing, terkait safari sejumlah elite partai politik yang terjadi dalam sepekan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur M Sarmuji tidak ambil pusing, terkait safari sejumlah elite partai politik yang terjadi dalam sepekan terakhir.

Menurut dia, partainya bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) lebih memilih untuk menghelat diskusi kerakyatan.

"Partai-partai politik bertemu, semuanya tidak ada yang menggagas hal yang penting untuk rakyat. Kami di Jawa Timur kemarin mengawali mengundang PPP dan PAN membahas hal yang penting meskipun tidak terlalu populer yaitu ancaman krisis pangan global dampaknya bagi rakyat khususnya di Jawa Timur," kata Sarmuji saat Talkshow yang dihelat oleh Lembaga Komunikasi Informasi (LKI) Partai Golkar di Jalan Cikajang, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022).

Dia berpandangan, safari politik yang dilakukan oleh sejumlah elite partai tidak membawa gagasan dan terkesan hanya semata berbagi kekuasaan.

"Semuanya membahas grudak-gruduk, membahas kekuasaan yang sebenarnya bagi rakyat itu belum jelas manfaatnya untuk rakyat," klaim Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini.

Meski tidak menyebut nama dari elite partai politik itu secara langsung, namun diketahui, belakangan terjadi pertemuan antara para ketua umum partai yang berlangsung di Jakarta.

Sebut saja Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat yang baru saja menyambangi Partai NasDem. Keduanya hanya berselang dua hari saat bertandang ke NasDem Tower dengan membawa ketua umumnya masing-masing.

Selain itu, ada juga PKB yang merapat ke Rumah Kertanegara. Di sana, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertemu langsung dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Keduanya bahkan disebut sepakat membangun koalisi.

Kemudian malam ini, giliran Partai Demokrat dengan Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono yang gantian menyambangi Prabowo di Rumah Kertanegara. Demokrat menyebut, kunjungan ini adalah bagian dari silaturahmi yang telah dijadwalkan dari jauh-jauh hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AHY Bertemu Prabowo

Herzaky Mahdendra, Kepala Badan Komuniksi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat membenarkan, adanya pertemuan antara ketua umum partainya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Menurut dia, pertemuan akan berlangsun malam ini, sekira pukul 19.00 WIB.

“Sehubungan dengan pertanyaan terkait apakah benar Ketum AHY akan bertemu dengan Ketum Gerindra, Prabowo Subianto, adalah benar demikian pada hari ini, di Kertanegara,” kata Herzaky kepada wartawan, Jumat (24/6/2022).

Herzaky menambahkan, pertemuan nanti malam bukanlah agenda dadakan. Sebab, antara AHY dan Prabowo disebut memang sudah lama merencanakan hal tersebut.

“Ini sudah lama direncanakan sejak Ketum AHY melakukan silaturahmi,” jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Bertemu NasDem

Sebelumnya diberitakan, pada sehari sebelumnya, AHY juga sudah melakukan silaturahmi dengan Partai NasDem. Kedatangannya disambut oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan funsionaris partai.

Melalui pertemuan itu, AHY dititipkan pesan oleh Paloh agar tidak terburu-buru untuk 2024. Sebab situasi politik masih sangat dinamis.

“Kalau beliau (Surya Paloh) mengatakan, buat apa buru-buru? kemudian buru-buru bubar juga, lebih baik kita enjoy berproses kita semangat sekali makin lama makin hangat makin harmonis dalam arti semangatnya itu makin bertemu dan Insya Allah tentu ketika ada ruang dan momentum yang baik,” kat AHY di NasDem Tower, Jakarta, Kamis 23 Juni 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.